ROISAH, . (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE ( TTW ) DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 5 ADIWERNA KABUPATEN TEGAL. Thesis thesis, Universitas Pancasakti Tegal.
Text
BAB 1-3 ROISAH + COVER - karina Farkha Dina.docx Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
BAB 4-5 - karina Farkha Dina.docx Restricted to Repository staff only Download (166kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA BU ROISAH new - karina Farkha Dina.docx Restricted to Repository staff only Download (28kB) |
Abstract
Model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write ( TTW ) salah satu metode pembelajaran modern yang digunakan untuk mengatasi pembelajaran yang masih berpusat pada guru (Teacher centered learning) yang mengakibatkan siswa tidak tertarik mengikuti pelajaran yang disampaikan oleh guru, monoton, membosankan, siswa tidak dapat berfikir kritis dan prestasi belajar menurun. Untuk mengatasi tersebut peneliti menggunakan metode pembelajaran Think Talk Write (TTW) dengan tujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Think Talk Write (TTW) pada kemampuan berfikir kritis siswa , prestasi belajar siswa dan mengetahuai perbedaan hasil belajar siswa yang diberi perlakuan metode TTW dengan metode pembelajaran konvensional pada siswa kelas VII SMP Negeri 5 Adiwerna. Penelitian yang dilakukan termasuk jenis penelitian lapangan (Field Research), yang bersifat kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, observasi, tes dan dokumentasi. Subyek penelitian seluruh siswa kelas VII (A-I) dengan jumlah 288 yang dipilih secara random. Kelas yang digunakan untuk penelitian ada 4 kelas dengan rincian 2 kelas eksperimen yang diberi perlakuan dengan metode pembelajaran TTW dan 2 kelas kontrol diberi perlakuan dengan metode konvensional. Analisis data dengan menggunakan SPSS untuk menghitung data berfikir kritis dan prestasi belajar siswa melalui pre test dan post test. Nilai rata – rata yang diperoleh awalnya 45,63 (katagori sangat kurang ) kemudian meningkat rata-ratanya menjadi 89,06 (katagori sangat tinggi). Sedangkan pada prestasi belajar siswa berdasarkan data uji t kelas eksperimen yang di beri perlakuan metode pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write (TTW) adanya peningkatan nilai rata-rata (mean) sebesar 1,7968 dari sebelum diberlakunya metode pembelajaran kooperatif tipe Think Talk write (TTW) sebesar 75.6641 menjadi 77.4609. Hasil Penelitian dari analisis independent sample t test terlihat nilai signifikansi 2 arah (t-tailed) 0.000 < 0.05 terdapat perbedaan skor point yang diperoleh antara kelompok kontrol dan perlakuan. Dengan demikian terbukti Penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe Think Talk write (TTW) dapat meningkatkan berfikir
Item Type: | Karya Ilmiah (Thesis) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > S2 Pedagogi |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 11 Sep 2023 03:26 |
Last Modified: | 29 May 2024 07:16 |
URI: | http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/7369 |
Actions (login required)
View Item |