ANALISA SAMBUNGAN PENGELASAN DENGAN LAS FRIKSI PADUAN ALUMUNIUM SERI 5083 DAN 6061

BAGUS, SETIAWAN (2023) ANALISA SAMBUNGAN PENGELASAN DENGAN LAS FRIKSI PADUAN ALUMUNIUM SERI 5083 DAN 6061. Skripsi thesis, Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer Teknik Mesin.

[img] Text
Bagus Setiawan 6418500039 _ BAB 1-BAB 3.docx

Download (1MB)
[img] Text
Bagus Setiawan 6418500039 _ BAB 4-BAB 5.docx
Restricted to Repository staff only

Download (573kB)
[img] Text
Bagus Setiawan 6418500039 _ DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN.docx

Download (1MB)

Abstract

BAGUS SETIAWAN, 2023. “ANALISA SAMBUNGAN PENGELASAN DENGAN LAS FRIKSI PADUAN ALUMUNIUM SERI 5083 DAN 6061” Teknik Mesin Universitas Pancasakti Tegal Las Friksi adalah proses pengelasan keadaan padat atau tanpa logam pengisi. Metode ini bergantung pada konversi energi mekanik ke energi termal untuk membentuk pengelasan, tanpa aplikasi dari sumber panas lain. Panas untuk pengelasan dihasilkan oleh gerakan relatif dari dua antarmuka yang tersambung. Penyambungan terjadi antara dua permukaan 6 bahan yang saling bergesekan, salah satu berputar sedang lainnya diam, lalu dikontakkan oleh gaya tekan aksial. Metode Penelitian ini menggunakan metode penelitian yang bersifat eksperimen. Dalam penelitian ini, perlakuan berupa perbedaan kecepatan rotasi pada pengelasan friksi alumunium yaitu Rpm 910, Rpm 1500, Rpm 2280. Bahan alumunium seri 5083 dan 6061 dipasang di Mesin CNC Milling. Kemudian setting putaran mein sesuai kecepatan rotasi yang divariasikan. Selanjutnya aluminium hasil pengelasan friksi dibuat spesimen uji dan diuji kekerasan, impak dan korosi. Dari data hasil yang diperoleh dari pengujian kekerasan brinell pada sambungan pengelasan dengan las friksi paduan alumunium menggunakan variasi kecepatan rotasi mengalami peningkatan. Dimana pada variasi kecepatan rotasi RPM 910 diperoleh nilai rata - rata kekerasan brinell sebesar 48,99 kg/mm2. Hasi pengujian impak pada sambungan pengelasan dengan las friksi paduan alumunium menggunakan variasi kecepatan rotasi mengalami peningkatan. Dimana pada variasi kecepatan rotasi RPM 910 diperoleh nilai kuat impak rata - rata sebesar 0.274 J/mm². Kemudian untuk variasi kecepatan rotasi RPM 1500 diperoleh nilai kuat impak rata - rata sebesar 0.398 J/mm². Sedangkan hasil pengujian korosi dari hasil pengelasan friksi pada alumunium dengan variasi kecepatan rotasi mengalami fluktuasi. Dimana pada variasi kecepatan rotasi RPM 910 diperoleh nilai laju korosi rata - rata terkecil yaitu sebesar 0,034 mpy. Kata Kunci : Las Friksi, Uji Kekerasan Brinell, Uji Impak, Uji Korosi

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Mesin
Depositing User: admin repository upstegal
Date Deposited: 11 Sep 2023 03:24
Last Modified: 11 Sep 2023 03:24
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/7371

Actions (login required)

View Item View Item