Zakiri, Adam (2020) PENGGUNAAN EUFEMISME DAN DISFEMISME PADA BUKU CATATAN NAJWA KARYA NAJWA SHIHAB SERTA IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.
Full text not available from this repository.Abstract
ZAKIRI, ADAM. 2019. Penggunaan Eufemisme dan Disfemisme pada Buku Catatan Najwa Karya Najwa Shihab serta Implikasinya terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I : Dra. Sri Mulyati, M.Pd., Pembimbing II : Agus Riyanto, M.Pd. Kata kunci : Eufemisme, Disfemisme, Buku Catatan Najwa, Implikasi Pembelajaran. Penelitian ini mengkaji Penggunaan Eufemisme dan Disfemisme pada Buku Catatan Najwa Karya Najwa Shihab serta Implikasinya terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan bentuk dan makna eufemisme pada buku Catatan Najwa karya Najwa Shihab. Mendeskripsikan bentuk dan makna disfemisme pada buku Catatan Najwa karya Najwa Shihab. Mendeskripsikan implikasi eufemisme dan disfemisme buku Catatan Najwa karya Najwa Shihab terhadap pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Sumber data penelitian ini adalah buku Catatan Najwa karya Najwa Shihab cetakan kelima diterbitkan November 2017. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik simak catat. Analisis data menggunakan metode deskriptif kualitatif dan penyajian hasil secara informal. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa disfemisme lebih banyak digunakan pada buku Catatan Najwa karya Najwa Shihab dibandingkan dengan eufemisme dari total keseluruhan 104 data. Hal ini menunjukan bahwa penggunaan bahasa penulis buku Catatan Najwa lebih banyak mengkritisi isu-isu nasional dengan bentuk bahasa yang kurang menyenangkan. Eufemisme ditemukan berjumlah 41 data. Sedangkan disfemisme ditemukan berjumlah 63 data. Data yang ditemukan dari penggunaan eufemisme dan disfemisme tersebut kemudian diklasifikasikan berdasarkan kata, frasa, dan ungkapan. Implikasi hasil penelitian ini digunakan untuk pembelajaran menulis teks eksposisi Bahasa Indonesia di SMA. Saran yang dapat diberikan berkaitan dengan penelitian tersebut diharapkan dapat memberikan manfaat pada para peserta didik dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di SMA. Terutama pada pembelajaran menulis gagasan teks eksposisi, baik untuk mengapresiasi atau menyampaikan kritik atas suatu informasi.
Item Type: | Karya Ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > PK Indo-Iranian |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Adam Zakiri Zakiri |
Date Deposited: | 11 Feb 2020 06:56 |
Last Modified: | 11 Feb 2020 06:56 |
URI: | http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/740 |
Actions (login required)
View Item |