ANALISIS PENGARUH PARKIR ON STREET TERHADAP KINERJA LALU LINTAS PADA RUAS JALAN MAYJEND DI. PANJAITAN KOTA TEGAL

FARIZQI, FARIZQI (2023) ANALISIS PENGARUH PARKIR ON STREET TERHADAP KINERJA LALU LINTAS PADA RUAS JALAN MAYJEND DI. PANJAITAN KOTA TEGAL. Skripsi thesis, Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer Teknik Sipil.

[img] Text
BAB 1-3 Farizqi.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB 4-5 Farizqi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA- Farizqi.pdf

Download (643kB)

Abstract

Kebutuhan lahan parkir pada ruas Jalan Mayjend DI. Panjaitan menjadi meningkat, sehingga tak jarang pengendara memarkirkan kendaraanya pada tepi jalan (on-street parking). Kegiatan on-street parking memicu berkurangnya kinerja ruas jalan karena sebagian kapasitas pada ruas jalan tersebut digunakan untuk kegiatan parkir sehingga di saat jam–jam tertentu kinerja jalan tidak dapat optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik parkir dan pengaruh kegiatan parkir on street terhadap kinerja ruas jalan. Metode analisis yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Hasil yang diperoleh adalah tidak tersedianya ruang parkir untuk sepeda motor membuat pengendara sepeda motor memarkirkan kendaraa bukan pada tempatnya sehingga hal tersebut membuat berkurangnya kinerja ruas jalan. Nilai LoS (Level of Service) pada ruas tersebut adalah B dengannilai VCR 0,31 pada pagi hari; 0,30 pada siang hari; dan 0,31 pada sore hari. Peneliti merekomendasikan tiga alternatif penyelesaian dari permasalahan perparkiran yang ada. Kata kunci : karakteristik parkir, kinerja ruas jalan, level of service, dan parkir on street. ABSTRACT The need for parking space on Jalan Mayjend DI. Panjaitan has increased, so it is not uncommon for motorists to park their vehicles on the side of the road (on-street parking). On-street parking activities trigger a reduction in road performance because some of the capacity on these roads is used for parking activities so that during certain hours road performance cannot be optimal. This study aims to determine the characteristics of parking and the effect of on-street parking activities on road performance. The analytical method used is descriptive quantitative. The result obtained is that the unavailability of parking space for motorcycles makes motorcyclists park their vehicles in the wrong place so that this reduces the performance of the roads. The LoS (Level of Service) value on this section is B with a VCR value of 0.31 in the morning; 0.30 during the day; and 0.31 in the afternoon. Researchers recommend three alternative solutions to existing parking problems. Keywords: parking characteristics, road performance, level of service, and on street parking.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Sipil
Depositing User: admin repository upstegal
Date Deposited: 12 Sep 2023 02:35
Last Modified: 12 Sep 2023 02:35
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/7400

Actions (login required)

View Item View Item