HUBUNGAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL ORANGTUA PADA ANAK TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA NEGERI 5 KOTA TEGAL

DHEA NOVITA SARI, . (2023) HUBUNGAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL ORANGTUA PADA ANAK TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA NEGERI 5 KOTA TEGAL. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PANCASAKTI TEGAL.

[img] Text
SKRIPSI DHEA COVER - BAB 4 - Dhea Novita.docx
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
SKRIPSI DHEA BAB 5 - BAB 7 - Dhea Novita.docx
Restricted to Repository staff only

Download (131kB)
[img] Text
SKRIPSI DHEA DAPUS - LAMPIRAN - Dhea Novita.docx

Download (6MB)

Abstract

Komunikasi merupakan salah satu faktor penting untuk terjadinya interaksi kedua belah pihak atau lebih, namun komunikasi juga terlihat lebih menarik ketika memberikan pengaruh yang positif bagi kedua belah pihak. Dampak yang diberikan tersebut tergantung bagaimana pola komunikasi yang dibangun. Pola komunikasi orang tua dalam keluarga akan mempengaruhi keadaan keluarga itu sendiri, misalnya terjadi motivasi belajar anak tergantung bagaimana orang tua membangun pola komunikasi dengan anak tersebut atau terdapat faktor eksternal ikut terlibat dalam membangun motivasi belajar anak. sehingga peneliti tertarik untuk meneliti Hubungan Komunikasi Interpersonal Orang tua pada Anak terhadap Motivais Belajar Siswa SMA N 5 Kota Tegal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara komunikasi interpersonal orang tua pada anak terhadap motivasi belajar siswa SMA N 5 Kota Tegal. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian Kuantitatif. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 87 siswa SMA N 5 Kota Tegal. Metode pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Alat ukur yang digunakan terdiri dari dua skala yaitu skala komunikasi interpersonal dan skala motivasi belajar. Skala komunikasi interpersonal terdiri dari 17 item dengan koefisiensi reliabilitas Alpha sebesar 0,708. Skala motivasi belajar berjumlah 17 item dengan koefisiensi Alpha sebesar 0,734. Analisi data menggunakan teknik korelasi Pearson Product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada hubungan yang positif antara komunikasi interpersonal orang tua terhadap motivasi belajar siswa SMA N 5 Kota Tegal dengan hasil rxy sebesar -0,064 dengan taraf signifikan 0,555 (p>0,01). Dari hasil tersebut menjelaskan bahwa motivasi belajar siswa SMA N 5 Kota Tegal tidak terpengaruh oleh faktor eksternal, salah satunya pola komunikasi orang tua, akan tetapi lebih kepada faktor eksternal yang lain seperti kemampuan siswa bergaul, berkomunikasi serta sikap siswa itu sendiri yang berada diluar lingkungan keluarga dan faktor internal dalam diri individu. 10 Kata Kunci : Komunikasi Interpersonal, Motivasi Belajar

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: K Law > K Law (General)
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 26 Sep 2023 03:58
Last Modified: 26 Sep 2023 03:58
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/7674

Actions (login required)

View Item View Item