ANALISIS SEMIOTIK PADA IKLAN PINJAMAN ONLINE VERSI KREDIVO CINTAKU

Sriyuliani Jamica Putri, . (2023) ANALISIS SEMIOTIK PADA IKLAN PINJAMAN ONLINE VERSI KREDIVO CINTAKU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PANCASAKTI TEGAL.

[img] Text
cover-bab 4 pdfff - Jamica Putri.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
bab 5-7 - Jamica Putri.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
daftar pustaka - lampiran - Jamica Putri.pdf

Download (682kB)

Abstract

Sriyuliani Jamica Putri, 2219500027. ANALISIS SEMIOTIK IKLAN PINJAMAN ONLINE VERSI KREDIVO CINTAKU. Pembimbing I : Diryo Suparto, M.Si. Pembimbing II : Didi Permadi, M.I.Kom. Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Pancasakti Tegal. Iklan adalah segala bentuk promosi benda seperti barang, jasa, tempat usaha dan ide yang disampaikan melalui media dengan biaya sponsor dan ditujukan kepada sebagian besar masyarakat. Iklan secara alami berkembang sebagai media untuk menuangkan hasil pemikiran kreatif dengan tujuan utama untuk menarik perhatian audience. Iklan tanpa adanya kreativitas tidak akan memunculkan poin menarik, dimana pada saat ini kata kreatif sudah melekat kuat dalam iklan itu sendiri. Perkembangan iklan yang sangat pesat mempengaruhi standar penilaian iklan di masyarakat, baik dari segi visual, pesan verbal, maupun media yang digunakan. Iklan merupakan pengisi ruang media. Salah satu media yang digunakan untuk beriklan adalah internet, dan youtube menjadi media utama suatu perusahaan untuk mengiklankan produknya. Setiap iklan selalu mempunyai desain yang berbeda-beda. Seperti dalam istilah form follows function. Iklan merupakan salah satu bentuk komunikasi yang memiliki tujuan untuk mempromosikan produk atau jasa agar dapat dikenal dan diminati oleh masyarakat. Salah satu bentuk iklan yang semakin marak di Indonesia adalah iklan aplikasi pinjaman online, seperti aplikasi Kredivo. Pinjaman online adalah layanan pinjaman yang dapat diakses melalui aplikasi ponsel dan prosesnya yang mudah, cepat dan tidak memerlukan jaminan apapun.Kredivo adalah salah satu aplikasi pinjaman online yang populer di Indonesia. Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk mengajukan pinjaman dengan mudah dan cepat melalui aplikasi ponsel mereka. Kredivo juga menawarkan fitur belanja online di mana pengguna dapat membeli produk dari merchant yang bekerja sama dengan Kredivo dan membayar nanti dalam bentuk cicilan. Semiotika adalah sebuah disiplin ilmu metode analisis yang dapat mengkaji tanda- tanda yang terdapat pada suatu objek untuk diketahui makna yang terkandung dalam objek tersebut.Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Penelitian kualitatif digunakan bagi jenis penelitian yang bertujuan untuk memahami fenomena sosial dari perspektif partisipan. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan analisis teks media. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah dibahas pada bab sebelumnya menghasilkan temuan penelitian pada tayangan iklan kredivo cintaku dengan menggunakan metode analisis Analisis semiotika pendekatan Charles Sanders Pierce. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa adanya ideologi yang terkandung dalam iklan kredivo cintaku sebagai berikut : (1).Kredivo cintaku merupakan layanan atau produk dari kredivo untuk memudahkan pelanggan berbelanja, membeli sesuatu dan meminjam uang tunai dengan model cicilan tanpa kartu.(2).Kredivo cintaku mendskripsikan bagaimana cara dan mudahnya menggunakan kredivo cintaku. Produk dan layanan ini membantuk pengguna kredivo untuk memnuhi kebutuhanya. (3).Kredivo cintaku memberikan gambaran iklan dengan visual dan narasi sehingga membuat penonton tertarik. Kata kunci : Iklan Pinjaman Online, Kredivo Cintaku, Analisis Semiotik teori Charles Sanders Peirce.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: K Law > K Law (General)
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 30 Sep 2023 05:54
Last Modified: 30 Sep 2023 05:54
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/7699

Actions (login required)

View Item View Item