EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTU GAME MONSTER MATH DALAM MENGATASI MASALAH BERHITUNG SEKOLAH DASAR

SHERINA ANGGITA PUTRI, . (2023) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTU GAME MONSTER MATH DALAM MENGATASI MASALAH BERHITUNG SEKOLAH DASAR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PANCASAKTI TEGAL.

[img] Text
SKRIPSI COVER-BAB 3 SHERINA - Sherina Anggita.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (746kB)
[img] Text
SKRIPSI BAB 4-5 SHERINA - Sherina Anggita.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (348kB)
[img] Text
SKRIPSI DAFPUS-LAMPIRAN SHERINA - Sherina Anggita.pdf

Download (4MB)

Abstract

Putri, Sherina Anggita. 2023. Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantu Game Monster Math Dalam Mengatasi Masalah Berhitung Sekolah Dasar (Studi Penelitian Pada Peserta Didik Kelas V Semester Genap SDN Jatilawang 02 Kecamatan Kramat Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2022/2023). Skripsi. Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing 1 : Ahmadi, S.Pd., M.Si Pembimbing 2 : Dian Nataria O., S.Si., M.Pd Kata Kunci : Efektivitas, Model Pembelajaran Problem Based Learning, Game Monster Math, Kemampuan Berhitung Tujuan Penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: 1) Model pembelajaran Problem Based Learning berbantu Game Monster Math dalam mengatasi masalah berhitung peserta didik mengalami ketuntasan, 2) Pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning berbantu Game Monster Math dalam mengatasi masalah berhitung peserta didik, 3) Peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning berbantu Game Monster Math lebih baik daripada peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran Direct Instruction dalam mengatasi masalah berhitung. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas V SDN Jatilawang 01, SDN Jatilawang 02, SDN Kertaharja 01, MI NU 01 Kemantran Tahun Pelajaran 2022/2023 dengan jumlah peserta didik 171 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode wawancara, tes, dokumentasi. Sebelumnya instrumen diuji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya pembeda. Teknik analisis data menggunakan uji proporsi satu pihak kanan, uji t satu sampel, uji regresi linier sederhana, uji t satu pihak kanan, dengan terlebih dahulu sudah diuji normalitas dan homogenitas. Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa: 1) Model pembelajaran Problem Based Learning berbantu Game Monster Math dalam mengatasi masalah berhitung peserta didik didik mengalami ketuntasan, 2) Ada pengaruh penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning berbantu Game Monster Math dalam mengatasi masalah berhitung peserta didik, 3) Peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning berbantu Game Monster Math lebih baik daripada peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran Direct Instruction dalam mengatasi masalah berhitung.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: K Law > K Law (General)
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 04 Oct 2023 01:51
Last Modified: 04 Oct 2023 01:51
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/7732

Actions (login required)

View Item View Item