ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PESERTA DIDIK BERBANTUAN MEDIA VIDEO ANIMASI

SISKA HESTI, . (2023) ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PESERTA DIDIK BERBANTUAN MEDIA VIDEO ANIMASI. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PANCASAKTI TEGAL.

[img] Text
Siska Hesti (1719500026) cover, Bab 1 - Bab 3 - Siska Hesti.docx
Restricted to Repository staff only

Download (659kB)
[img] Text
Siska Hesti (1719500026) Bab 4 - Bab 5 - Siska Hesti.docx
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
Siska Hesti (1719500026) Daftar pustaka, lampiran-1 - Siska Hesti.docx

Download (9MB)

Abstract

Hesti, Siska. 2023. Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Berbantuan Media Video Animasi (Studi Penelitian Kualitatif pada Materi Analisis Data dan Statistika untuk Peserta Didik Kelas VII Semester II SMP Negeri 3 Brebes Tahun Ajaran 2022/2023). Skripsi. Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I : Ibnu Sina, S.T., M.Pd, M.Kom. 8 Pembimbing II : Dra. Eleonora Dwi Wahyuningsih, M.Pd Kata Kunci : Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Media Video Animasi, Canva. Penelitian ini bertujuan unuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik berbantuan media video animasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Media pembelajaran yang digunakan adalah media video animasi berbasis Canva. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas VII F SMP Negeri 3 Brebes Semester II tahun pelajaran 2022/2023. Pengambilan subjek menggunakan random sampling dari nilai tes uraian tertulis kemampuan pemecahan masalah matematis sebanyak 6 subjek yaitu 2 subjek dengan kemampuan pemecahan masalah matematis tinggi, 2 subjek dengan kemampuan pemecahan masalah matematis sedang, dan 2 subjek dengan kemampuan pemecahan masalah matematis rendah. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes, wawancara, dan dokumentasi. Indikator kemampuan pemecahan masalah matematis yang digunakan yaitu menurut Polya yaitu (1)memahami masalah, (2)menyusun rencana penyelesaikan, (3)melaksanakan rencana penyelesaian, dan (4)memeriksa kembali. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa: kemampuan pemecahan masalah tinggi memenuhi 4 indikator kemampuan pemecahan masalah matematis yaitu memahami masalah, menyusun rencana penyelesaikan, melaksanakan rencana penyelesaian, dan memeriksa kembali. Kemampuan pemecahan masalah sedang memenuhi 3 indikator kemampuan pemecahan masalah matematis yaitu memahami masalah, menyusun rencana penyelesaikan, dan memeriksa kembali atau 3 indikator lain yaitu memahami masalah, melaksanakan rencana penyelesaian, dan memeriksa kembali. Kemampuan pemecahan masalah rendah memenuhi 1 indikator kemampuan pemecahan masalah matematis yaitu indikator memahami masalah atau tidak memenuhi semua indikator.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 04 Oct 2023 01:51
Last Modified: 30 May 2024 02:40
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/7733

Actions (login required)

View Item View Item