KUALITAS PELAYANAN PENGADUAN MASYARAKAT MELALUI APLIKASI SAMBAT MARANG BUPATI (SAMBU) DI KABUPATEN BREBES

PUTRI AULIA, . (2023) KUALITAS PELAYANAN PENGADUAN MASYARAKAT MELALUI APLIKASI SAMBAT MARANG BUPATI (SAMBU) DI KABUPATEN BREBES. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
Putri Aulia, Cover - BAB IV - Putri Aulia.docx
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
Putri Aulia, BAB V -BAB VI - Putri Aulia.docx
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Putri Aulia, Dapus -Lampiran - Putri Aulia.docx

Download (1MB)

Abstract

Nama : Putri Aulia, NPM : 2119500032. Judul : Kualitas Pelayanan Pengaduan Masyarakat Melalui Aplikasi Sambat Marang Bupati (SAMBU) di Kabupaten Brebes. Skripsi, Ilmu Pemerintahan Universitas Pancasakti Tegal. Dosen Pembimbing I : Arif Zainudin, M.IP dan Dosen Pembimbing II : Akhmad Habibullah, M.IP. Pelayanan pengaduan masyarakat merupakan pelayanan yang disediakan oleh pemerintah untuk menyampaikan keluhan, saran maupun kritik masyarakat terhadap penyelenggaraan pemerintahan yang tidak sesuai. Saat ini pemerintah dalam menyediakan akses pelayanan pengaduan masyarakat sudah harus diterapkan melalui teknologi, yaitu dengan melalui aplikasi maupun website. Kabupaten Brebes menjadi salah satu daerah yang menyediakan pelayanan pengaduan masyarakat melauli aplikasi Sambat Marang Bupati (SAMBU). Tujuan penelitian ini adalah untuk memberikan gambaran mengenai kualitas pelayanan pengaduan masyarakat melalui aplikasi SAMBU di Kabupaten Brebes, dan menjelaskan faktor penghambat dalam pelayanan pengaduan masyarakat melalui aplikasi SAMBU di Kabupaten Brebes. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori kualitas pelayanan menurut Zeithaml, Parasuraman & Berry, dan teori e-government menurut Richardus Eko Indrajit yang digunakan untuk membahas pelaksanaan Governmnet to Citizens (G2C) dalam pelayanan pengaduan masyarakat melalui aplikasi Sambat Marang Bupati (SAMBU) di Kabupaten Brebes, dilihat dari indikator dukungan (support), kapasitas (capacity) dan nilai (value). Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif, dengan Teknik analisis data menggunakan aplikasi Nvivo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan pengaduan masyarakat melalui aplikasi SAMBU di Kabupaten Brebes belum sepenuhnya berjalan dengan baik. Kata Kuci : Kualitas Pelayanan, Pelayanan Pengaduan Masyarakat, Aplikasi SAMBU

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 05 Oct 2023 01:29
Last Modified: 05 Oct 2023 01:29
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/7752

Actions (login required)

View Item View Item