PENGARUH KUALITAS PELAYANAN KB TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA DI PUSKESMAS KALIGANGSA WETAN BREBES

SAINTIS EMILLAVERA SAKINAH SIREGAR, . (2023) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN KB TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA DI PUSKESMAS KALIGANGSA WETAN BREBES. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
COVER-BAB 4-2 - saintis siregar.docx
Restricted to Repository staff only

Download (364kB)
[img] Text
BAB 5--BAB 6 - saintis siregar.docx
Restricted to Repository staff only

Download (152kB)
[img] Text
DAPUS-LAMPIRAN - saintis siregar.docx

Download (40kB)

Abstract

Saintis Emillavera Sakinah Siregar. 211850004. 2023. Pengaruh Kualitas Pelayanan KB Terhadap Kepuasan Pengguna di Puskesmas Kaligangsa Wetan Brebes. SKRIPSI. Pembimbing I: Dra. Hj. Sri Sutjiatmi, M.Si. Pembimbing II: Unggul Sugi Harto, S.IP.,M.Si. Program Study Ilmu Pemerintahan, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Pancasakti Tegal. Pelayanan publik merupakan suatu tolok ukur kinerja pemerintah yang paling kasat mata. Masyarakat dapat menilai langsung kinerja pemerintah berdasarkan pelayanan yang diterimanya. Untuk itu kualitas pelayanan publik di semua kementerian/lembaga adalah suatu hal yang mendasar yang harus segera ditingkatkan. Metode penelitian ini dengan menggunakan metode kuantitatif dengan tujuan untuk mengetahui hal-hal yang mempengaruhi terjadinya suatu fenomena. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik Random Sampling. Teknik ini digunakan karena populasi mempunyai anggota / unsur yang tidak homogeny dan berstrata secara proposional. Jumlah responden penelitian berjumlah 73 pasien yang melakukan pelayanan keluarga berencana yang berkunjung di Puskesmas kaligangsa Wetan sejak Januari-April 2023. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kualitas pelayanan KB berpengaruh terhadap kepuasan pengguna KB di Puskesmas Kaligangsa Wetan Brebes. Berdasarkan uji statistik t parsial didapatkan nilai sig 0,000, dimana 0,000 < 0,05 artinya H0 ditolak. Berdasarkan hasil uji tersebut, maka hipotesis H1 diterima. Jadi, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pengguna KB di Puskesmas Kaligangsa Wetan Brebes. Koefisien regresi variabel kualitas layanan bernilai positif sebesar 0,817, artinya artinya terjadi hubungan positif antara kualitas pelayanan dengan kepuasan pengguna KB. Semakin tinggi kualitas pelayanan maka semakin meningkatkan kepuasan pengguna KB di Puskesmas KaligangsaWetan Brebes. Selain itu, berdasarkan hasil uji koefisien determinasi didapatkan persentase kontribusi variabel kualitas layanan sebesar 81,6%, sisanya yaitu 18,4 % dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Kata Kunci: kualitas pelayanan, kepuasan

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 05 Oct 2023 01:30
Last Modified: 05 Oct 2023 01:30
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/7753

Actions (login required)

View Item View Item