Anggun Larasati Nirmala Yuwono, . (2023) OPTIMALISASI PENYERAPAN ASPIRASI MASYARAKAT OLEH BADAN PERMUSYAWARATAN DESA ( BPD ) DESA TEGALMLATI KECAMATAN PETARUKAN KABUPATEN PEMALANG TAHUN 2022. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.
Text
SKRPSI ANGGUN COVER DAN 1234 - Edi Fitron.pdf Restricted to Repository staff only Download (927kB) |
|
Text
SKRIPSI BAB 56 SKRIPSI ANGGUN revisi 1 - Edi Fitron.pdf Restricted to Repository staff only Download (316kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA ANGGUN - Edi Fitron.pdf Download (81kB) |
Abstract
Nama : Anggun Larasati Nirmala Yuwono NPM : 2118500104 Judul : Optimalisasi Penyerapan Aspirasi Masyarakat Oleh Badan Permusyawaratan Desa ( BPD ) Desa Tegalmlati Kecamatan Petarukan Kabupaten Pemalang Tahun 2022 Tujuan penelitian ini yaitu untuk Untuk menggambarkan Optimalisasi Penyerapan Aspirasi Masyarakat Oleh Badan Permusyawaratan Desa ( BPD ) Desa Tegalmlati Kecamatan Petarukan Kabupaten Pemalang Tahun 2022 dan untuk menggambarkan apa saja kendala dan solusi dalam Optimalisasi Penyerapan Aspirasi Masyarakat Oleh Badan Permusyawaratan Desa ( BPD ) Desa Tegalmlati Kecamatan Petarukan Kabupaten Pemalang Tahun 2022 Jenis penelitian ini menggunakan tipe penelitian kualitatif yaitu mendiskripsikan Optimalisasi Penyerapan Aspirasi Masyarakat Oleh Badan Permusyawaratan Desa ( BPD ) Desa Tegalmlati Kecamatan Petarukan Kabupaten Pemalang Tahun 2022 Hasil penelitian dapat diketahui bahwa Badan Permusyawaratan Desa ( BPD) Tegalmlati Kecamatan Petarukan Kabupaten Pemalang telah melaksanakan tugas dan fungsinya dalam penyerapan aspirasi di masyarakat. Optimalisasi dilakukan dengan meningkatkan pemahaman akan tujuan dari penyerapan aspirasi masyarakat. BPD membuat keputusan-keputusan terkait dengan penyerapan aspirasi serta BPD Tegalmlati telah memiliki anggota yang sudah mewakili elemen masyarakat dari seluruh wilayah desa. BPD Tegalmlati melakukan kegiatan penyerapan aspirasi dengan tahapan-tahapan kegiatannya yaitu dari penggalian, penampungan, pengelolaan serta penyaluran aspirasi masyarakat. Pelaksanaan kinerja BPD dalam penyerapan aspirasi masyarakat belum dilaksanakan secara optimal. Masih terdapat kendala-kendala yang dihadapi. Kendala yang dihadapi yaitu sikap masyarakat terhadap pembangunan desa yang masih kurang, disebabkan kurang adanya respon dari pemerintah dalam proses tindak lanjut aspirasi yang disampaikan. Kinerja BPD dalam penyerapa aspirasi tidak sepenuhnya dijalankan secara maksimal disebabkan oleh waktu kerja BPD yang tidak sepenuhnya setiap hari bekerja seperti halnya perangkat desa. Tunjangan BPD yang sangat minim. Solusi dalam mengatasi kendala yang ada yaitu BPD memberi kesadaran kepada masyarakat BPD seharusnya bekerja setiap hari dan berada di balaidesa Adanya perhatian dari pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan dengan menambah besaran tunjangan BPD. Kata Kunci : Optimalisasi, , Penyerapan Aspirasi Masyarakat, BPD
Item Type: | Karya Ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Pemerintahan |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 05 Oct 2023 07:30 |
Last Modified: | 30 May 2024 06:47 |
URI: | http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/7771 |
Actions (login required)
View Item |