GAYA BAHASA SARKASME PADA FILM PENDEK TEGALAN NAGIH UTANG KARYA SILVIANA YULIANTIKA DAN IMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA

ITSNA HARIROH, . (2023) GAYA BAHASA SARKASME PADA FILM PENDEK TEGALAN NAGIH UTANG KARYA SILVIANA YULIANTIKA DAN IMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA. Skripsi thesis, Fakultas FKIP: Ilmu Bahasa dan Sastra Indonesia.

[img] Text
Cover - Bab 3 - Lulu Desy Choliyah.docx
Restricted to Repository staff only

Download (545kB)
[img] Text
Bab 4-5 - Lulu Desy Choliyah.docx
Restricted to Repository staff only

Download (134kB)
[img] Text
Daftar Pustaka - Lampiran - Lulu Desy Choliyah.docx

Download (4MB)

Abstract

Hariroh, Itsna, 2023. Gaya Bahasa Sarkasme pada Film Pendek Tegalan Nagih Utang Karya Silviana Yuliantika dan Implikasinya dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I : Dr. Tri Mulyono, M.Pd. Pembimbing II : Leli Triana, M.Pd. Kata Kunci : Gaya Bahasa Sarkasme, Film Pendek Tegalan, Implikasi Pembelajaran Bahasa Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan gaya bahasa sarkasme pada film pendek Tegalan Nagih Utang karya Silviana Yuliantika dan mendeskripsikan implikasi hasil penelitian dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Sumber ini diperoleh 35 data dari seluruh isi film dengan durasi 22 menit 13 detik. Wujud data berupa gaya bahasa sarkasme yang mencakup, sarkasme ejekan dan sarkasme sindiran. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti adalah teknik baca, teknik simak, dan teknik catat. Metode analisis data yang digunakan yaitu metode agih. Teknik penyajian hasil analisis data menggunakan metode informal yang berupa kata-kata biasa untuk menafsirkannya. Hasil penelitian ini yaitu sarkasme ejekan 22 data dan sarkasme sindiran 13 data. Hasil penelitian ini diimplikasikan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA kelas X semester 2 (Genap) KD 3.12 Menghubungkan permasalahan/isu, sudut pandang dan argumen beberapa pihak simpulan dari debat secara lisan untuk menunjukkan esesni dari debat, dan KD penerapannya yaitu 4.12 Mengkontruksi permasalahan/isu, sudut pandang dan argumen beberapa pihak, dan simpulan dari debat secara lisan untuk menunjukkan esensi dari debat. Penelitian ini diharapkan dapat dijadikan bahan acuan memahami gaya bahasa peserta didik yang digunakan sebagai tindak lanjut apabila mendapati permasalahan terutama dalam pembelajaran di sekolah. Untuk itu, para ahli peneliti Bahasa dapat melakukan penelitian lanjutan dengan permasalahan yang lebih menarik.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: K Law > K Law (General)
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 17 Oct 2023 03:44
Last Modified: 17 Oct 2023 03:44
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/7806

Actions (login required)

View Item View Item