POLEMIK PENGGUNAAN GADGET SEBAGAI SARANA KEGIATAN PEMBELAJARAN DAN DAMPAK PADA PERUBAHAN PERILAKU PESERTA DIDIK ( STUDI DESKRIPTIF DI MTs ASSALAFIYAH SITANGGAL LARANGAN BREBES TAHUN AJARAN 2022/2023 )

INTAN PERMATA SUKMANDANI, . (2023) POLEMIK PENGGUNAAN GADGET SEBAGAI SARANA KEGIATAN PEMBELAJARAN DAN DAMPAK PADA PERUBAHAN PERILAKU PESERTA DIDIK ( STUDI DESKRIPTIF DI MTs ASSALAFIYAH SITANGGAL LARANGAN BREBES TAHUN AJARAN 2022/2023 ). Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
COVER sampai BAB 3 - Iam Sukmandani.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 4 sampai BAB 5 - Iam Sukmandani.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (236kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA - LAMPIRAN - Iam Sukmandani.pdf

Download (3MB)

Abstract

SUKMANDANI, INTAN PERMATA. 2023. “Polemik Penggunaan Gadget Sebagai Sarana Kegiatan Pembelajaran dan Dampak pada Perubahan Perilaku Peserta Didik (Studi Deskriptif Di MTs Assalafiyah Sitanggal Larangan Brebes Tahun Ajaran 2022/2023)”. Skripsi. Bimbingan dan Konseling. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I : Hastin Budisiwi, M.Pd. Pembimbing II : M. Arif Budiman S, M.Pd. Kata Kunci: Gadget, Polemik, dan Perilaku. Gadget yang semula bertujuan untuk sarana kegiatan pembelajaran online, lambat laun gadget dialihfungsikan oleh anak–anak yang lepas pengawasan orangtua sebagai sarana bermain yang tidak mendidik, seperti game online, menonton video Tiktok atau YouTube sampai begadang. Hal tersebut yang akhirnya menjadi permasalahan baru untuk para guru dan orangtua mengenai peran gadget sebagai media kegiatan pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan penggunaan gadget pasca pandemi covid19, dampak penggunaan gadget terhadap perubahan perilaku, dan solusi yang tepat untuk mengatasi polemik penggunaan gadget. Metodologi penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif di mana sumber datanya adalah primer dan sekunder, wujud data yang digunakan berupa kata-kata atau narasi, untuk teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, teknik analisis datanya menggunakan pengumpulan data, reduksi, penyajian, dan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah penggunaan gadget sebagai sarana kegiatan pembelajaran kurang efektif, karena kurangnya kesiapan dalam menghadapi peralihan dari tatap muka menjadi pembelajaran dari rumah, dampak perubahan perilaku akibat penggunaan gadget di sini siswa menjadi lebih emosional, sering berkata kotor, dan sudah malas untuk belajar di sekolah. Disarankan agar lebih mendisiplikan dan mengawasi penggunaan gadget pada siswa serta lebih ditingkatkan lagi sarana dan prasarana dalam teknologi.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 17 Oct 2023 06:21
Last Modified: 17 Oct 2023 06:21
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/7814

Actions (login required)

View Item View Item