EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROCESS ORIENTED GUIDED INQUIRY LEARNING (POGIL) TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KEMANDIRIAN BELAJAR MATEMATIKA (Studi Penelitian Kuantitatif pada Peserta Didik Kelas VIII Semester Genap SMP Negeri 3 Adiwerna Tahun Pelajaran 2022/2023 pada Materi Pokok Teorema Pythagoras)

NURUL WIDIASIH, . (2023) EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROCESS ORIENTED GUIDED INQUIRY LEARNING (POGIL) TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KEMANDIRIAN BELAJAR MATEMATIKA (Studi Penelitian Kuantitatif pada Peserta Didik Kelas VIII Semester Genap SMP Negeri 3 Adiwerna Tahun Pelajaran 2022/2023 pada Materi Pokok Teorema Pythagoras). Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
NURUL WIDIASIH-1716500045 (COVER s.d BAB 3) - nurul widiasih.docx
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Nurul Widiasih, 1716500045, (BAB 4 s.d BAB 5) (1) - nurul widiasih.docx
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Nurul Widiasih, 1716500045, (DAFTAR PUSTAKA s.d LAMPIRAN)-dikompresi-dikompresi (1) - nurul widiasih.pdf

Download (1MB)

Abstract

WIDIASIH, NURUL. 2023. Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) terhadap Hasil Belajar dan Kemandirian Belajar Matematika (Studi Penelitian pada Peserta Didik Kelas VIII Semester Genap SMP Negeri 3 Adiwerna Tahun Pelajaran 2022/2023 pada Materi Teorema Pythagoras). Skripsi. Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I Dr. Munadi Pembimbing II Dra. Eleonora DW, M.Pd Kata kunci: Efektivitas, POGIL, Hasil Belajar, Kemandirian Belajar. Penelitian ini mendeskripsikan penggunaan model pembelajaran Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL). Tujuan penelitian ini, mendeskripsikan perbandingan penggunaan model pembelajaran POGIL terhadap hasil belajar dan kemandirian belajar peserta didik pada mata pelajaran matematika. Sebagai populasi penelitian ini, peserta didik kelas VIII SMP Negeri 3 Adiwerna tahun pelajaran 2022.2023 sebanyak 320 peserta didik terbagi bagi dalam 10 kelas. Sampel diambil secara Cluster Random Sampling. Sampel diambil dari 3 kelas di antaranya kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran POGIL, kelas kontrol menggunakan model pembelajaran Problem Solving, dan kelas uji coba. Data diambil dengan teknik tes, angket, dan dokumentasi. Untuk menguji validitas dan reliabilitas instrumen, terlebih dahulu diujikan ke kelas uji coba yang terdapat 31 siswa hadir di kelas. Analisis data penelitian ini menggunakan uji proporsi satu pihak kanan, uji MANOVA satu arah, dan uji t satu pihak kanan. Hasil dari penelitian menunjukkan: (1) Hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Adiwerna menerapkan model pembelajaran POGIL dapat melampaui KKM yang ditetapkan 76 menghasilkan capaian 85%, (2) Terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran POGIL dan siswa yang mengikuti pembelajaran dengan pembelajaran Problem Solving pada mata pelajaran matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Adiwerna, (3) Penerapan model pembelajaran POGIL dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Adiwerna, dan (4) Penerapan model pembelajaran POGIL dapat meningkatkan kemandirian belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Adiwerna.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 19 Oct 2023 07:04
Last Modified: 19 Oct 2023 07:04
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/7828

Actions (login required)

View Item View Item