PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK SOSIODRAMA UNTUK MENGURANGI PERILAKU ADIKTIF SMARTPHONE PADA PESERTA DIDIK KELAS XI MAN 2 CIREBON

FANNY SHYFA TRI PEBRIANI HERI, . (2023) PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK SOSIODRAMA UNTUK MENGURANGI PERILAKU ADIKTIF SMARTPHONE PADA PESERTA DIDIK KELAS XI MAN 2 CIREBON. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
COVER BAB 1-3 - fanny shyfa.docx
Restricted to Repository staff only

Download (316kB)
[img] Text
BAB IV V - fanny shyfa.docx
Restricted to Repository staff only

Download (169kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA - fanny shyfa.docx

Download (1MB)

Abstract

FANNY SHYFA TRI PEBRIANI HERI. 2023. Pengaruh Bimbingan Kolompok Teknik Sosiodrama Untuk Mengurangi Perilaku Adiktif Smartphone Peserta Didik Kelas XI MAN 2 Cirebon. Skripsi. Bimbingan dan Konseling. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Dosen Pembimbing I : Mulyani, M.Pd Dosen Pembimbing II : Hastin Budisiwi, M.Pd Kata kunci : Bimbingan Kelompok Teknik Sosiodrama, Perilaku Adiktif Smartphone Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tingginya perilaku adiktif smartphone terhadap peserta didik kelas XI MAN 2 Cirebon. Fenomena yang terjadi tentang peserta didik yang mengalami perilaku adiktif smartphone yaitu, tidak dapat mengontrol penggunaan smartphone, penggunaan berlebihan pada smartphone dapat menimbulkan efek psikologis, mengganggu dalam belajar maupun di luar pembelajaran, menjadi tidak fokus pada pelajaran, sering melewatkan rencana dengan teman sebayanya karena asik dengan smartphone nya. Penulis bertujuan untuk menguji pengaruh bimbingan kelompok teknik sosiodrama untuk mengurangi perilaku adiktif smartphone peserta didik kelas XI MAN 2 Cirebon. Penelitian ini dilakukan melalui pendekatan kuantitatif dengan metode kuasi eksperimen One Group Pre-test – Post-test. Populasi penelitian adalah peserta didik kelas XI MAN 2 Cirebon dengan sempel penelitian 16 orang yang dipilih melalui teknik purposive. Teknik dalam pengumpulan data menggunakan angket, dan untuk mengetahui ketepatan instrumen dilakukan uji validitas dan uji reabilitas. Dalam penelitian ini menggunakan skala likert, skala likert terdapat 5 opsi jawaban yaitu, Sangat Setuju (SS), Setuju (S), Kadang-Kadang (KK), Tidak Setuju (TS) dan Sangat Tidak Setuju (STS). Kemudian teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan persentase formula C, uji normalitas, uji linearitas serta analisis uji t dengan bantuan aplikasi SPSS 29. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pengaruh bimbingan kelompok teknik sosiodrama dalam mengurangi perilaku adiktif smartphone pada peserta didik kelas XI MAN 2 Cirebon dari nilai pre-test 72,71% menjadi nilai post-test 45,73% sehingga terdapat penurunan persentase sebanyak 26,98%, didapatkan t hitung > t tabel pada taraf signifikansi 5% (3,859 > 0,497) dan mempunyai nilai p 0,001 < 0,05 yang berarti dapat disimpulkan terdapat signifikansi pada skor hasil pre-test dan post-test kelas eksperimen menggunakan bimbingan kelompok teknik sosiodrama, maka penelitian menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan antara variable (X) bimbingan kelompok teknik sosiodrama terhadap variabel (Y) perilaku adiktif smarphone pada peserta didik kelas XI MAN 2 Cirebon.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 26 Oct 2023 01:55
Last Modified: 26 Oct 2023 01:55
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/7856

Actions (login required)

View Item View Item