LULU SABRINA, . (2023) ANALISIS KARAKTERISTIK GURU TERHADAP KEMAMPUANLITERASI MATEMATIKAPESERTA DIDIK (Studi Penelitian diKelas VII Semester GenapSMP Negeri 3BrebesTahun Pelajaran 2022/2023 pada Materi Pokok Bangun Ruang Sisi Datar). Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.
Text
COVER - BAB 3 SKRIPSI LULU SABRINA - Lulu Sabrina.docx Restricted to Repository staff only Download (480kB) |
|
Text
BAB IV-BAB V SKRIPSI LULU SABRINA - Lulu Sabrina.docx Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
|
Text
Daftar Pustaka dan Lampiran Skripsi Lulu Sabrina - Lulu Sabrina.docx Download (4MB) |
Abstract
Sabrina, Lulu. 2023. Analisis Karakteristik Guru terhadap Kemampuan Literasi Matematika Peserta Didik ( Studi Penelitian di Kelas VII Semester Genap SMP Negeri 3 Brebes Tahun Pelajaran 2022/2023 pada Materi Pokok Bangun Ruang Sisi Datar ). Skripsi. Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I : Dr. Munadi, M.Si. Pembimbing II : Isnani, M.Si., M.Pd. Kata Kunci : Analisis; Karakteristik Guru; Kemampuan Literasi Matematika, Bangun Ruang Sisi Datar Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan karakteristik guru dalam pembelajaran matematika terhadap kemampuan literasi matematika peserta didik pada materi bangun ruang sisi datar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Pengumpulan data yang digunakan adalah dengan melakukan observasi terhadap karakteristik guru selama pembelajaran matematika berlangsung, dilanjutkan dengan melaksanakan tes tertulis dan wawancara kepada peserta didik. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII yang berjumlah 23 peserta didik. Pengambilan subjek wawancara diambil secara purposive sampling sejumlah 6 orang yang masing-masing terdiri atas 2 peserta didik kelompok atas, 2 peserta didik kelompok tengah, dan 2 peserta didik kelompok bawah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru matematika telah memenuhi seluruh karakteristik guru yang telah ditentukan (demokratis, kooperatif, baik hati, sabar, adil, menguasai bahan pelajaran, ramah tamah, humoris, dan fleksibel). Berdasarkan jenis aspek yang telah ditentukan, diperoleh data bahwa : (1) aspek pemahaman yang terpenuhi sebanyak 99 dengan persentase 86,08 %, (2) aspek penerapan yang terpenuhi sebanyak sebanyak 93 dengan persentase 80,86 %, (3) aspek penalaran yang terpenuhi sebanyak 35 dengan persentase 30,43 %, dan (4) aspek komunikasi yang terpenuhi sebanyak 39 dengan persentase 33,91 %. Serta hasil perhitungan persentase total aspek yang dapat dipenuhi oleh peserta didik adalah 57,82 %.
Item Type: | Karya Ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 02 Jan 2024 02:18 |
Last Modified: | 02 Jan 2024 02:18 |
URI: | http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/8019 |
Actions (login required)
View Item |