ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA SISWA DITINJAU DARI PERSPEKTIF GENDER DALAM MENYELESAIKAN SOAL MODEL PROGRAMME FOR INTERNATIONAL

Sinta Nuriyah, . (2023) ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA SISWA DITINJAU DARI PERSPEKTIF GENDER DALAM MENYELESAIKAN SOAL MODEL PROGRAMME FOR INTERNATIONAL. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
COVER - BAB 3 (1719500033 SINTA NURIYAH) - Sinta Nuriyah.docx
Restricted to Repository staff only

Download (762kB)
[img] Text
BAB 4 - 5 (1719500033 SINTA NURIYAH) - Sinta Nuriyah.docx
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA - LAMPIRAN (1719500033 SINTA NURIYAH) - Sinta Nuriyah.docx

Download (7MB)

Abstract

NURIYAH, SINTA. 2023. Analisis Kemampuan Literasi Matematika Siswa ditinjau dari Perspektif Gender dalam Menyelesaikan Soal Model Programme for International Student Assesment (PISA) (Studi Penelitian Kualitatif Siswa Kelas X Semester Genap SMA Negeri 3 Brebes Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2022/2023). Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I : Dr. Munadi Pembimbing II : Dra. Eleonora Dwi W, M.Pd. Kata Kunci : Kemampuan literasi matematika, Perspektif gender, Programme For International Student Assesment (PISA) Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan literasi matematika siswa ditinjau dari perbedaan gender di SMA Negeri 3 Brebes Kabupaten Brebes tahun ajaran 2022/2023 dalam menyelesaikan soal Program For International Student Assessment (PISA). Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek penelitian sebanyak 6 siswa yaitu 2 siswa yang terdiri dari siswa laki-laki dan siswa perempuan dari masing-masing tingkat kemampuan literasi matematika tinggi, sedang, dan rendah. Adapun indikator kemampuan literasi matematika dalam penelitian ini mengacu pada indikator proses matematika yaitu (1) Merumuskan situasi nyata secara matematika, (2) Menggunakan konsep, fakta, prosedur, dan penalaran matematika, dan (3) Menafsirkan, menerapkan dan mengevaluasi hasil matematika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kemampuan literasi matematika tinggi menghasilkan capaian rata-rata angka sebesar 52,92% untuk peserta didik perempuan dan capaian rata-rata angka sebesar43,6% untuk peserta didik laki-laki . Dapat menyelesaikan soal nomor 1,2,3,4,5, 7 dan 9 dengan baik, bisa dikatakan dapat mengerjakan soal sampai level 4. (2) Kemampuan literasi matematika sedang menghasilkan capaian rata-rata angka sebesar 33,51% untuk peserta didik perempuan dan capaian rata-rata angka sebesar 32,78% untuk peserta didik laki-laki. Dapat menyelesaikan soal nomor 1,2,3,4 dengan baik, bisa dikatakan dapat mengerjakan soal sampai dengan level 4. (3) Kemampuan literasi matematika rendah menghasilkan capaian rata-rata angka sebesar 20,25% untuk peserta didik perempuan dan capaian rata-rata angka sebesar 19,76% untuk peserta laki-laki. Dapat menyelesaikan soal nomor 1 dan 2 dengan baik, dan dikatakan dapat mengerjakan soal sampai dengan level 1.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 02 Jan 2024 04:52
Last Modified: 02 Jan 2024 04:52
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/8040

Actions (login required)

View Item View Item