KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION BERBANTUAN KARTU SOAL TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA SISWA

LU’LU FINISA, . (2023) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION BERBANTUAN KARTU SOAL TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA SISWA. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
1719500042 LU'LU FINISA COVER-BAB 3 - lulu finisa.docx
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
1719500042 LU'LU FINISA BAB4-BAB5 - lulu finisa.docx
Restricted to Repository staff only

Download (120kB)
[img] Text
1719500042 LU'LU FINISA DAPUS-LAMPIRAN - lulu finisa.docx

Download (4MB)

Abstract

FINISA, LULU. 2023. Keefektifan Model Pembelajaran Student Teams Achievement Division berbantuan Kartu Soal terhadap Kemampuan Literasi Matematika Siswa (Studi Penelitian pada Materi Statistika untuk Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 2 Warureja Kabupaten Tegal Tahun Ajaran 2022/2023). Skripsi. Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I : M. Shaefur Rokhman, M.Si. Pembimbing II : Ibnu Sina, S.T., M.Pd., M.Kom. Kata Kunci : Kartu Soal, Kemampuan literasi matematika, Student Teams Achievement Division Kemampuan literasi matematika merupakan salah satu aspek penting yang sangat dibutuhkan oleh siswa di era pendidikan modern saat ini. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran dengan model Student Teams Achievemnt Division berbantuan kartu soal, kemampuan literasi matematika siswa mengalami ketuntasan, serta mendeskripsikan kemampuan literasi matematika siswa dengan menggunakan Student Teams Achievemnt Division berbantuan kartu soal lebih baik secara signifikan dari model pembelajaran konvensional. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Warureja. Pengambilan sampel dengan cara cluster random sampling terpilih kelas VIII G sebagai kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran Student Teams Achievemnt Division berbantuan kartu soal dan kelas VIII H sebagai kelas kontrol menggunakan model pembelajaran konvensional. Metode pengumpulan data dengan observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji proporsi, uji one sample t-test, dan uji t. Hasil penelitian menyatakan bahwa kemampuan literasi matematika siswa dengan menggunakan model pembelajaran Student Teams Achievement Division berbantuan kartu soal mencapai ketuntasan. Selain itu, kemampuan literasi matematika siswa dengan menggunakan model pembelajaran Student Teams Achievement Division berbantuan kartu soal lebih baik secara signifikan dari model pembelajaran konvensional.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 02 Jan 2024 04:53
Last Modified: 02 Jan 2024 06:18
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/8044

Actions (login required)

View Item View Item