KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP LITERASI MATEMATIS PADA PESERTA DIDIK

IZZAURA ADEN ABIDIN, . (2023) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP LITERASI MATEMATIS PADA PESERTA DIDIK. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
SKRIPSI COVER-BAB 3 IZZAURA ADEN ABIDIN - jaenal abidin.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (714kB)
[img] Text
SKRIPSI BAB 4-5 IZZAURA ADEN ABIDIN - jaenal abidin.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (254kB)
[img] Text
SKRIPSI DAFPUS-LAMPIRAN (IZZAURA ADEN ABIDIN) (pdf.io) - jaenal abidin.pdf

Download (2MB)

Abstract

Abidin, Izzaura Aden. 2023 Keefektifan Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Literasi Matematis Peserta Didik (Studi Peneitian pada Peserta Didik Kelas X Semester Genap SMA Negeri 3 Brebes Tahun Pelajaran 2022/2023 pada Materi Statistika). Skripsi. Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancsakti Tegal Pembimbing I : M. Shaefur Rokhman., M.Si Pembimbing II : Dr. Paridjo, M.Pd. Kata Kunci : Keefektifan, Model Pembelajaran Discovery Learning, Kemampuan Literasi Matematis. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: 1) Kemampuan literasi matematis peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran Discovery Learning yang nilainya mencapai KKM 70 melampaui 60%, 2) Kemampuan literasi matematis peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran Discovery Learning lebih baik daripada menggunakan model pembelajaran konvensional. Populasi dalam penelitian ini peserta didik kelas 10 yang terdiri dari 10 kelas yang berjumlah 356 peserta didik. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode wawancara, tes, dokumentasi. Sebelumnya instrumen diuji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya pembeda. Teknik analisis data menggunakan uji proporsi satu pihak kanan, uji t satu pihak kanan, dengan terlebih dahulu sudah diuji normalitas dan homogenitas. Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa: 1) Kemampuan literasi matematis peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran Discovery Learning yang nilainya mencapai KKM 70 melampaui 60%, 2) Kemampuan literasi matematis peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran Discovery Learning lebih baik daripada menggunakan model pembelajaran konvensional.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 02 Jan 2024 04:54
Last Modified: 02 Jan 2024 04:54
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/8045

Actions (login required)

View Item View Item