IMPLEMENTASI PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA SEBAGAI UPAYA UNTUK MENUMBUHKAN JIWA KEWIRAUSAHAAN DI SMK NEGERI 2 ADIWERNA

ERLEN INTAN ANINDYA, . (2023) IMPLEMENTASI PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA SEBAGAI UPAYA UNTUK MENUMBUHKAN JIWA KEWIRAUSAHAAN DI SMK NEGERI 2 ADIWERNA. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
COVER-BAB 3 SKRIPSI ERLEN INTAN ANINDYA - Erlen Intan A.docx
Restricted to Repository staff only

Download (960kB)
[img] Text
BAB 4-5 ERLEN INTAN ANINDYA - Erlen Intan A.docx
Restricted to Repository staff only

Download (86kB)
[img] Text
DAPUS-LAMPIRAN ERLEN INTAN ANINDYA - Erlen Intan A.docx

Download (1MB)

Abstract

ANINDYA, ERLEN INTAN,2023 “Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Sebagai Upaya Untuk Menumbuhkan Jiwa Kewirausahaan di SMK Negeri 2 Adiwerna”. Skripsi. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I : Drs. Wahyono, M.Hum Pembimbing II : Dr. Tity Kusrina, M.Pd Kata kunci : Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5), Kewirausahaan Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk menggali, mengkaji dan memperoleh gambaran secara deskriptif tentang penerapan projek penguatan profil pelajar Pancasila dalam menumbuhkan jiwa kewirausahaan pada peserta didik SMK N 2 Adiwerna. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, jenis penelitian deskriptif kualitatif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan pelaku yang diamati. Data penelitian meliputi data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis data kualitatif, meliputi: Pengumpulan Data, Reduksi Data, Penyajian Data dan Simpulan data. Hasil penelitian menunjukkan : 1) Implementasi projek penguatan profil pelajar Pancasila dalam menumbuhkan jiwa kewirausahaan pada peserta didik sudah baik namun minat peserta didik setelah lulus untuk berwirausaha masih sedikit. 2) Penanaman karakter profil pelajar Pancasila sudah dilakukan dengan cukup baik dengan cara membentuk kelompok maka akan tercipta persatuan, berdiskusi atau bermusyawarah untuk menentukan ide berjualan. 3) Dalam implementasi projek penguatan profil pelajar Pancasila sebagai upaya untuk menumbuhkan jiwa kewirausahaan di SMK Negeri 2 Adiwerna mempunyai faktor pendukung dan penghambat.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Pancasaila dan Kewarganegaraan
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 04 Jan 2024 02:20
Last Modified: 04 Jan 2024 02:20
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/8050

Actions (login required)

View Item View Item