KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION DENGAN STRATEGI TUTOR SEBAYA TERHADAP SELF EFFICACY DAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIKA

DIANA SUPRATIN, . (2023) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION DENGAN STRATEGI TUTOR SEBAYA TERHADAP SELF EFFICACY DAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIKA. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
BAB 1-3 DIANA SUPRATIN_1719500012_PMTK - Diana Supratin.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (729kB)
[img] Text
BAB 4-5 Diana Supratin_1719500012_PMTK - Diana Supratin.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (271kB)
[img] Text
Daftar Pustaka-lampiran Diana Supratin_1719500012_PMTK - Diana Supratin.pdf

Download (4MB)

Abstract

SUPRATIN, DIANA. 2023. Keefektifan Model Pembelajaran Group Investigation dengan Strategi Tutor Sebaya Terhadap Self Efficacy dan Pemahaman Matematika (Studi Penelitian pada Peserta Dididik Kelas X Semester 2 MAN Kota Tegal Tahun Pelajaran 2022/2023 pada Materi Pokok Perbandingan Trigonometri pada Segitiga Siku- siku. Skripsi. Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I : Isnani, M.Si., M.Pd. Pembimbing II : Drs. Ponoharjo, M.Pd. Kata Kunci : Keefektifan, Model Pembelajaran Group Investigation, Tutor Sebaya, Self efficacy, Kemampuan Pemahaman Matematika. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan: (1) Pemahaman matematika peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran Group Investigation dengan strategi tutor sebaya lebih baik daripada yang diajar model pembelajaran konvensional, (2) Self efficacy peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran Group Investigation dengan strategi tutor sebaya lebih baik daripada yang diajar model pembelajaran konvensional, (3) Ada perbedaan Self efficacy dan pemahaman matematika antara yang diajar model pembelajaran Group Investigation dengan strategi tutor sebaya dengan yang diajar model pembelajaran konvensional, dan (4) Self efficacy dan pemahaman matematika lebih baik antara yang diajar model pembelajaran Group Investigation dengan strategi tutor sebaya dengan yang diajar model pembelajaran konvensional. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X semester genap MAN Kota Tegal tahun pelajaran 2022/2023 dengan jumlah 173 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik Purposive sampling kemudian dilanjut Cluster random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi, tes dan angket, sebelumnya data diuji dengan validitas, reliabilitas, daya pembeda, dan tingkat kesukaran. Teknik analisis data menggunakan uji-t satu pihak kanan, uji manova satu arah, dan uji τ 2 − Hotelling, dengan terlebih dahulu dilakukan uji normalitas dan homogenitas. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Pemahaman matematika peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran Group Investigation dengan strategi tutor sebaya lebih baik daripada yang diajar model pembelajaran konvensional, (2) Self efficacy peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran Group Investigation dengan strategi tutor sebaya lebih baik daripada yang diajar model pembelajaran konvensional, (3) Ada perbedaan Self efficacy dan pemahaman matematika antara yang diajar model pembelajaran Group Investigation dengan strategi tutor sebaya dengan yang diajar model pembelajaran konvensional, dan (4) Self efficacy dan pemahaman matematika lebih baik antara yang diajar model pembelajaran Group Investigation dengan strategi tutor sebaya dengan yang diajar model pembelajaran konvensional.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 04 Jan 2024 02:22
Last Modified: 04 Jan 2024 02:22
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/8055

Actions (login required)

View Item View Item