FATIMAH TUZAHRO, . (2023) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN SELF DIRECT LEARNING DENGAN PENDEKATAN STUDENT CENTERED APPROACH TERHADAP SELF EFFICACY DAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.
Text
COVER-BAB 3 - Fatimah Tuzahro.docx Restricted to Repository staff only Download (387kB) |
|
Text
BAB 4- BAB 5 - Fatimah Tuzahro.docx Restricted to Repository staff only Download (92kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN - Fatimah Tuzahro.docx Download (3MB) |
Abstract
Tuzahro, Fatimah. Keefektifan Model Pembelajaran Self Direct Learning dengan Pendekatan Student Centered Approach Terhadap Self Efficacy dan Kemampuan Penalaran Matematis (Studi Penelitian pada Peserta Didik Kelas XI IPS Semester Genap di SMA Negeri 5 Tegal Materi Pokok Turunan Tahun Pelajaran 2022/2023) Skripsi. Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I Isnani, M.Si., M.Pd. Pembimbing II Drs. Ponoharjo, M.Pd. Kata Kunci : Keefektifan, Model Pembelajaran Self Direct Learning pendekatan Student Centered Approach, Self Efficacy, Kemampuan Penalaran Matematis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan penalaran matematis yang diajar menggunakan model pembelajaran Self Direct Learning dengan pendekatan Student Centered Approach mencapai ketuntasan, mengetahui adanya perbedaan Self Efficacy peserta didik dan kemampuan penalaran matematis yang diajar menggunakan model pembelajaran Self Direct Learning dengan pendekatan Student Centered Approach daripada model pembelajaran konvensional dan mngetahui Self Efficacy peserta didik dan kemampuan penalaran matematis yang diajar menggunakan model pembelajaran Self Direct Learning dengan pendekatan Student Centered Approach lebih baik daripada menggunakan model pembelajaran konvensional. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI SMA N 5 Tegal Tahun Ajaran 2022/2023. Pengambilan sampel menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Sampel yang diambil sebanyak 105 peserta didik yang terdiri dari tiga kelas. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, dokumentasi, angket dan tes. Intrumen penelitian berupa angket Self Efficacy dan tes kemampuan penalaran matematis peserta didik dan telah diuji validitas dan reliabilitas pada taraf signifikan 5%. Teknik analisis data menggunakan uji proporsi, uji one sample t test, uji independent t test, uji manova dan uji τ^2 hotelling yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat terlebih dahulu yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan penalaran matematis yang diajar menggunakan model pembelajaran Self Direct Learning dengan pendekatan Student Centered Approach mencapai ketuntasan, ada perbedaan Self Efficacy peserta didik dan kemampuan penalaran matematis yang diajar menggunakan model pembelajaran Self Direct Learning dengan pendekatan Student Centered Approach daripada model pembelajaran konvensional dan Self Efficacy peserta didik dan kemampuan penalaran matematis yang diajar menggunakan model pembelajaran Self Direct Learning dengan pendekatan Student Centered Approach lebih baik daripada menggunakan model pembelajaran konvensional.
Item Type: | Karya Ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 04 Jan 2024 02:24 |
Last Modified: | 29 May 2024 07:01 |
URI: | http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/8056 |
Actions (login required)
View Item |