PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO ANIMASI POWTOON UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA

CAMELIA PRISNIANTI, . (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO ANIMASI POWTOON UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
CAMELIA_Cover-Bab3 - Camelia Prisnianti.docx
Restricted to Repository staff only

Download (620kB)
[img] Text
CAMELIA_Bab4-Bab5 - Camelia Prisnianti.docx
Restricted to Repository staff only

Download (72kB)
[img] Text
CAMELIA_Dapus-Lampiran-dikompresi - Camelia Prisnianti.pdf

Download (4MB)

Abstract

PRISNIANTI, CAMELIA. 2023. “ Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Animasi Powtoon untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa (Studi Penelitian pada Siswa Kelas X Semester II SMA Negeri 3 Brebes Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2022/2023 pada Materi Statistika)” . Skripsi. Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I : Ibnu Sina, S.T., M.Pd., M.Kom. Pembimbing II : Hj. Isnani, M. Si., M. Pd. Kata Kunci : Pengembangan, Media Pembelajaran Berbasis Video Animasi Powtoon, Pemahaman Matematis. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan :(1) pemahaman matematis siswa yang diajarkan dengan media pembelajaran berbasis video animasi powtoon telah mencapai ketuntasan;(2) ada perbedaan pemahaman matematis siswa sebelum dan sesudah diajar menggunakan media pembelajaran berbasis video animasi powtoon, dan (3) pemahaman matematis siswa yang diajarkan menggunakan media pembelajaran berbasis video animasi powtoon lebih baik secara signifikan dari pada pembelajaran secara konvensional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Fase E semester genap SMA Negeri 3 Brebes Kabupaten Brebes tahun pelajaran 2022/2023 dengan jumlah siswa 358 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling yaitu mengambil seluruh kelas fase E sebagai sampel kemudian Cluster random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi dan tes, sebelumnya data diuji dengan validitas, relibilitas, daya pembeda, dan tingkat kesukaran. Teknik analisis data menggunakan uji proporsi satu pihak kanan, uji satu sampel, uji dua sampel berpasangan, uji n-gain dan uji-t satu pihak kanan, dengan terlebih dahulu dilakukan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji kesetaraan sampel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa:(1) pemahaman matematis siswa yang diajarkan dengan media pembelajaran berbasis video animasi powtoon telah mencapai ketuntasan;(2) ada perbedaan pemahaman matematis siswa sebelum dan sesudah diajar menggunakan media pembelajaran berbasis video animasi powtoon; dan (3) pemahaman matematis siswa yang diajarkan menggunakan media pembelajaran berbasis video animasi powtoon lebih baik secara signifikan dari pada pembelajaran secara konvensional.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 04 Jan 2024 02:24
Last Modified: 04 Jan 2024 02:24
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/8057

Actions (login required)

View Item View Item