PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA PADA MATERI NEGARA KESATUAN REPUBLIK INDONESIA DI KELAS X SMK MUHAMMADIYAH BULAKAMBA

ERLINA CENDRAWASIH, . (2023) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA PADA MATERI NEGARA KESATUAN REPUBLIK INDONESIA DI KELAS X SMK MUHAMMADIYAH BULAKAMBA. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
Bab 1-3 - Erlina Cendrawasih.doc
Restricted to Repository staff only

Download (732kB)
[img] Text
Bab 4-5 - Erlina Cendrawasih.doc
Restricted to Repository staff only

Download (450kB)
[img] Text
Daftar pustaka-lampiran - Erlina Cendrawasih.doc

Download (2MB)

Abstract

CENDRAWASIH, ERLINA. 2023. Pengembangan Modul Pembelajaran Pendidikan Pancasila Pada Materi Negara Kesatuan Republik Indonesia di Kelas X SMK Muhammadiyah Bulakamba. Skripsi. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Fakultas keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I : R. Samidi, M.Pd Pembimbing II : Wahyu Jati Kusuma, MH Kata kunci: Modul, Pendidikan Pancasila, NKRI, SMK Pendidikan adalah salah satu bidang yang sangat penting dalam kehidupan. Dengan melalui pendidikan, seseorang dapat meningkatkan kualitas sumber daya yang dimilikinya. Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 menjelaskan bahwa Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi diri. Pendidikan memiliki tujuan yang sangat penting guna menentukan arah yang akan dicapai. Ternyata tujuan pendidikan nasional yang dicanangkan pemerintah Indonesia dapat dikatakan belum berhasil sepenuhnya. Hal itu dibuktikan dengan indeks pendidikan Indonesia masih dikatakan rendah atau belum mencapai maksimal bahkan ditingkat ASEAN. Berdasarkan Education Index yang dikeluarkan oleh Human Development Reports, pada 2017, Indonesia ada di posisi ketujuh di ASEAN dengan skor 0,622. Penelitian ini bertujuan menghasilkan modul Pendidikan Pancasila materi Negara Kesatuan Republik Indonesia yang dapat memudahkan peserta didik kelas X belajar di SMK Muhammadiyah Bulakamba, Brebes. Penelitian ini merupakan jenis penelitian R&D penelitian pengembangan yang mengacu pada prosuder penelitian pengembangan Borg and Gall yang dikemukakan oleh Sugiyono,Langkah yang ditempuh dalam pengembangan ini, yaitu: 1) potensi dan masalah, 2) pengumpulan data, 3) desain produk, 4) validasi desain, 5) revisi desain. Perhitungan instrumen penelitian yang digunakan adalah menggunakan skala likert, yaitu ada 10 indikator yang dinilai oleh ahli materi. Hasil penilaian modul Pendidikan Pancasila Negara Kesatuan Republik Indonesia dari ahli materi mendapatkan rerata skor 4,6 dengan kriteria baik, Jadi, secara keseluruhan hasil pengembangan modul Pendidikan Pancasila Negara Kesatuan Republik Indonesia dikatakan layak sebagai media pembelajaran. Selain itu, adanya peningkatan hasil belajar setelah peserta didik menggunakan modul Pendidikan Pancasila Negara Kesatuan Republik Indonesia menunjukkan indikator keberhasilan modul tersebut dapat memudahkan peserta didik belajar dibandingkan hanya menggunakan penjelasan guru dan buku teks saja.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Pancasaila dan Kewarganegaraan
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 04 Jan 2024 02:25
Last Modified: 04 Jan 2024 02:25
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/8059

Actions (login required)

View Item View Item