KEEFEKTIVAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN PEER TUTOR TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK SMP PADA MATERI CAHAYA DAN ALAT OPTIK

MEGA ASYHA WIDIYARTI, . (2023) KEEFEKTIVAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN PEER TUTOR TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK SMP PADA MATERI CAHAYA DAN ALAT OPTIK. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
MEGA ASYHA WIDIYARTI - COVER-BAB 3 - Mega Asyha Widiyarti.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (661kB)
[img] Text
MEGA ASYHA WIDIYARTI - BAB 4-BAB 5 - Mega Asyha Widiyarti.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (365kB)
[img] Text
MEGA ASYHA WIDIYARTI- DAPUS-LAMPIRAN - Mega Asyha Widiyarti.pdf

Download (6MB)

Abstract

WIDIYARTI, MEGA ASYHA. 2023. Keefektivan Model Pembelajaran Project Based Learning Berbantuan Peer Tutor terhadap Pemahaman Konsep Peserta Didik SMP pada Materi Cahaya dan Alat Optik. Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I : Yuni Arfiani, M.Pd Pembimbing II : Muriani Nur Hayati, M.Pd Kata Kunci : Project based learning, Peer tutor, Pemahaman konsep, dan Peserta didik SMP Tujuan dari penelitian adalah (1) mengetahui tingkat efektivitas model pembelajaran project based learning berbantuan peer tutor dalam meningkatkan pemahaman konsep peserta didik dan (2) mengetahui perbedaan pemahaman konsep peserta didik yang menggunakan model pembelajaran project based learning berbantuan peer tutor dengan peserta didik yang menggunakan model pembelajaran project based learning tanpa bantuan peer tutor. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan quasi experimental design. Sampel pada penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII di kelas VIII A dan kelas VIII E di SMP N 19 Kota Tegal. Kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII E sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel dengan purposive sampling. Penelitian ini menggunakan instrument tes (pretest-posttest) dan non tes. Pengujian dengan menggunakan SPSS 16.0 for Windows dan Microsoft Exel. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) tingkat efektivitas model pembelajatan project based learning berbantuan peer tutor cukup efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep peserta didik dengan persentase N-Gain sebesar 64,6797% dan ketuntasan klasikal sebesar 81,481% dan (2) terdapat perbedaan pemahaman konsep peserta didik antara kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran project based learning berbantuan peer tutor dengan persentase rata-rata sebesar 79% dengan kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran project based learning tanpa bantuan peer tutor diperoleh persentase sebesar 74% dan dibuktikan dengan hasil analisi Uji T (Independent Sample T-Test) yaitu didapat nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,003 atau lebih kecil dari 0,05.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 04 Jan 2024 02:26
Last Modified: 04 Jan 2024 02:26
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/8062

Actions (login required)

View Item View Item