AJAS DALAM KUMPULAN PUISI SETIAP BARIS HUJAN KARYA ISBEDY STIAWAN ZS DAN IMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN

NURUL ISLAMIYAH, . (2023) AJAS DALAM KUMPULAN PUISI SETIAP BARIS HUJAN KARYA ISBEDY STIAWAN ZS DAN IMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
SKRIPSI NURUL ISLAMIYAH BAB 123 docx - Nurul Islamiyah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (654kB)
[img] Text
SKRIPSI NURUL ISLAMIYAH BAB 4 5 docx - Nurul Islamiyah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (541kB)
[img] Text
SKRIPSI NURUL ISLAMIYAH DAFTAR PUSTAKA -LAMPIRAN docx_compressed - Nurul Islamiyah.pdf

Download (1MB)

Abstract

Islamiyah, Nurul 2023,” Majas dalam Kumpulan Puisi Setiap Baris HujanKarya Isbedy Stiawan Zs dan Implikasinya Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA” Skripsi Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia,fakultasKeguruan dan Ilmu Pendidikan,Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing 1: Dr.Sutji Muljani,M.Hum Pembimbing II: Afsun Aulia Nirmala, M.Pd Kata Kunci: Puisi, Majas, Pembelajaran bahasa Indonesia Majas merupakan salah satu unsur fisik puisi yang menjadikan puisi lebih menarik untuk dibaca. Menurut Moeliono, (1990:545) majas adalah cara melukiskan sesuatu dengan jalan menyamakan dengan sesuatu yang lain dan biasa disebut bahasa kiasan. Kumpulan puisi Setiap Baris Hujan menjadi salah satu karya dari Isbedy ZS yang fenomenal.Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan bentuk dan fungsi majas yang terkandung dalam kumpulan puisi Setiap Baris Hujan karya Isbedy ZS seta mendeskripsikan implikasi hasil penelitian dalam pembelajaran di SMA. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif karena data yang terkumpul berbentuk kata-kata atau gambar, oleh sebab itu tidak menerapkan pada angka (Sugiyono 2015:15). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik catat.Wujud data dalam penelitian ini berupa kalimat atau penggalan puisi yang mengandung majas. Teknik analisis data menggunakan metode stilistika untuk mengetahui cara sastrawan yang memanipulasi dengan diksi serta dalam penyajian data menggunakan metode informal. Berdasakan hasil dari penelitian ini, ditemukan pada 40 judul puisi dengan 103 data (75 %) berupa majas perbandingan, (20%) berupa majas penegasan dan (4%) berupa majas sindiran. Hasil penelitian ini dapat diimplikasikan pada materi ajar di SMA kelas X yaitu pada ,materi „menulis puisi‟.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 04 Jan 2024 02:26
Last Modified: 04 Jan 2024 02:26
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/8064

Actions (login required)

View Item View Item