ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA SISWA PADA PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DITINJAU DARI KEBERADAAN MEDIA BELAJAR DI SEKOLAH

MUHAMMAD GHOZALI, . (2023) ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA SISWA PADA PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DITINJAU DARI KEBERADAAN MEDIA BELAJAR DI SEKOLAH. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA COVER - BAB 3 - Muhammad Ghozali.docx
Restricted to Repository staff only

Download (862kB)
[img] Text
ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA SISWA PADA PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DITINJAU DARI KEBERADAAN BAB 4- BAB 5 - Muhammad Ghozali.docx
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN - Muhammad Ghozali.docx

Download (1MB)

Abstract

GHOZALI, MUHAMMAD. 2023. Analisis Kemampuan Literasi Matematika Siswa pada Pembelajaran Discovery Learning Ditinjau dari Keberadaan Media Belajar di Sekolah (Studi Penelitian pada Peserta Didik Kelas XI Semester 2 MAN Tegal Tahun Pelajaran 2022/2023 pada Materi Pokok Turunan Fungsi Aljabar). Skripsi. Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I : Dr. Munadi Pembimbing II : Dr. Paridjo Kata Kunci : Kemampuan Literasi Matematika, Discovery Learning, Media Belajar Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan literasi matematika siswa pada pembelajaran discovery learning ditinjau dari keberadaan media belajar di sekolah. Adapun metode yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif. Penelitian ini dilakukan di MAN Tegal Kota Tegal tahun pelajaran 2022/2023 dengan subjek penelitian yaitu kelas XI IPA dan pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling lalu memilih kelas sebagai kelas uji coba dan kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan tes. Teknik analisis data menggunakn analisis data kualitatif model interaktif, yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan sedangkan teknik penyajian hasil data menggunakan triangulasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) peserta didik yang memiliki tingkat kemampuan literasi tinggi dapat menyelesaikan indikator kemampuan literasi dengan persentase masing-masing IDK yaitu IDK 1 sebesar 44 %, IDK 2 sebesar 52 %, IDK 3 sebesar 52 %, dan IDK 4 sebesar 39 %. Hal ini menunjukkan bahwa subjek dengan kemampuan literasi matematika tinggi dapat mengerjakan soal sampai dengan level 4. (2) Peserta didik yang memiliki tingkat kemampuan literasi sedang dapat menyelesaikan indikator kemampuan literasi dengan persentase masing-masing IDK yaitu IDK 1 sebesar 40%, IDK 2sebesar 40%, IDK 3 sebesar 48%, dan IDK 4 sebesar 36%. Hal ini menunjukkan bahwa subjek dengan kemampuan literasi matematika tinggi dapat mengerjakan soal sampai dengan level 3. (3) Peserta didik yang memiliki tingkat kemampuan literasi rendah dapat menyelesaikan indikator kemampuan literasi dengan persentase masing-masing IDK yaitu IDK 1 sebesar 37%, IDK 2 sebesar 32%, IDK 3 sebesar 40%, dan IDK 4 sebesar 32%. Hal ini menunjukkan bahwa subjek dengan kemampuan literasi matematika rendah dapat mengerjakan soal sampai dengan level 2.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 04 Jan 2024 02:27
Last Modified: 04 Jan 2024 02:27
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/8065

Actions (login required)

View Item View Item