PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) DENGAN PENDEKATAN REALISTIK PADA MATERI STATISTIKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PROSES MATEMATISASI

ANGGITA PUTRI YULIANTIAJI, . (2023) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) DENGAN PENDEKATAN REALISTIK PADA MATERI STATISTIKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PROSES MATEMATISASI. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
COVER - BAB 3_ANGGITA PUTRI YULIANTIAJI_PENDIDIKAN MATEMATIKA_FKIP_UPS TEGAL_2023 - Anggita Putri Yuliantiaji.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 4 - BAB 5_ANGGITA PUTRI YULIANTIAJI_PENDIDIKAN MATEMATIKA_FKIP_UPS TEGAL_2023 - Anggita Putri Yuliantiaji.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA - LAMPIRAN_ANGGITA PUTRI YULIANTIAJI_PENDIDIKAN MATEMATIKA_FKIP_UPS TEGAL_2023 - Anggita Putri Yuliantiaji.pdf

Download (7MB)

Abstract

YULIANTIAJI, ANGGITA PUTRI. 2023. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dengan Pendekatan Realistik pada Materi Statistika untuk Meningkatkan Kemampuan Proses Matematisasi (Studi Penelitian pada Peserta Didik Kelas VIII Semester Genap SMP Negeri 10 Tegal Tahun Pelajaran 2022/2023 pada Materi Pokok Statistika). Skripsi. Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I : Dian Nataria Oktaviani, S.Si., M.Pd. Pembimbing II: Dr. Munadi, M.Si. Kata Kunci: Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), pendekatan realistik, kemampuan proses matematisasi, statistika. Tujuan penelitian ini adalah menjelaskan tahapan dalam mengembangkan LKPD yang valid dengan menggunakan pendekatan realistik pada materi statistika untuk meningkatkan kemampuan proses matematisasi peserta didik kelas VIII. Indikator kemampuan proses matematisasi peserta didik (1) Merumuskan situasi secara matematis (2) Menerapkan konsep, fakta, prosedur, dan penalaran matematika, (3) Menafsirkan, menerapkan, dan mengevaluasi hasil matematika. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D). Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 10 Tegal. Prosedur pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan ADDIE yang terdiri atas lima tahapan yaitu Analisis (Analysis), Desain (Design), Pengembangan (Development), Implementasi (Implementation), dan Evaluasi (Evaluation). Pada penelitian ini tahapan pengembangan LKPD dibatasi sampai pada tahap Pengembangan (Development), sehingga dilakukan modifikasi model pengembangan tersebut sesuai dengan kebutuhan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini merupakan wawancara dan angket validasi. Wawancara dalam penelitian ini digunakan sebagai data pada tahap analisis, dan angket validasi dilakukan untuk mendapatkan data penilaian para ahli terhadap LKPD yang dikembangkan. Instumen pengumpulan data angket validasi dilakukan oleh tujuh ahli yaitu lima dosen ahli Pendidikan Matematika Universitas Pancasakti Tegal dan dua guru matematika SMP Negeri 10 Tegal. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil penilaian LKPD dari seluruh validator adalah 4,0 dengan kategori sangat valid, sehingga dapat disimpulkan bahwa LKPD yang dikembangkan memiliki kategori sangat valid dan layak digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 04 Jan 2024 02:27
Last Modified: 04 Jan 2024 02:27
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/8068

Actions (login required)

View Item View Item