PENGEMBANGAN TES PENGETAHUAN HAKIKAT SAINS DENGAN TEMA CAHAYA DAN ALAT OPTIK PADA PELAJARAN IPA DI SMP

NIKEN AYU LESTARI, . (2023) PENGEMBANGAN TES PENGETAHUAN HAKIKAT SAINS DENGAN TEMA CAHAYA DAN ALAT OPTIK PADA PELAJARAN IPA DI SMP. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
COVER-BAB 3 - Niken Ayu Lestari.docx
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 4-BAB 5 - Niken Ayu Lestari.docx
Restricted to Repository staff only

Download (168kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN - Niken Ayu Lestari.docx

Download (7MB)

Abstract

LESTARI, NIKEN AYU. 2023. PENGEMBANGAN TES PENGETAHUAN HAKIKAT SAINS DENGAN TEMA CAHAYA DAN ALAT OPTIK PADA PELAJARAN IPA DI SMP. Skripsi. Pendidikan IPA. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I Prof. Dr. Purwo Susongko, M.Pd Pembiming II Muriani Nur Hayati, M.Pd Kata kunci : Tes, Pengetahuan hakikat sains, NoS, ADDIE, Model Rasch Tujuan penelitian ini adalah mengetahui: (1) validitas produk berupa tes pengetahuan hakikat sains dengan tema cahaya dan alat optik pada pelajaran IPA di SMP, (2) karakteristik tes pengetahuan hakikat sains dengan tema cahaya dan alat optik pada pelajaran IPA di SMP. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII tahun ajaran 2022/2023 SMP Negeri 3 Talang. Penelitian ini menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation) yang dibatasi hanya sampai tahap Analysis, Design, dan Development. Selanjutnya dilakukan pengambilan data menggunakan soal tes pengetahuan hakikat sains yang telah divalidator ahli dan pendidik. Teknik pengumpulan data dengan metode wawancara, tes, dan angket respon siswa. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan permodelan Rasch dengan aplikasi R Programme versi 4.2.0. Dari penelitian ini disimpulkan bahwa (1) Butir-butir tes pengetahuan hakikat sains telah memenuhi validitas ditinjau dari aspek isi, aspek psikometri, dan aspek konstrak. Validasi aspek konstrak memberikan hasil sebagai berikut: (a) item fit tes pengetahuan hakikat sains dinyatakan fit atau dapat berfungsi dengan baik, (b) person fit menghasilkan sebanyak 100 respon peserta tes dikatakan fit atau sesuai dengan model, (c) tes pengetahuan hakikat sains bersifat unidimensi. (2) Karakteristik butir soal dilihat dari tingkat kesukaran butir soal tes pengetahuan hakikat sains dengan tema cahaya dan alat optik pada pelajaran IPA di SMP dengan hasil 30 % soal mudah, 60 % soal sedang, dan 10% soal sukar memenuhi kategori soal tes yang baik. Saran diperlukan penelitian lebih lanjut tentang penyusunan instrumen tes dengan menggunakan R programme.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 04 Jan 2024 02:33
Last Modified: 04 Jan 2024 02:33
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/8077

Actions (login required)

View Item View Item