KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN TALKING STICK TERHADAP SELF EFFICACY DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH KONTEKSTUAL MATEMATIKA

AULIA SYAFIRA, . (2023) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN TALKING STICK TERHADAP SELF EFFICACY DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH KONTEKSTUAL MATEMATIKA. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
1719500020 AULIA SYAFIRA cover, BAB 1-3 - aulia syafira.docx
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
1719500020 AULIA SYAFIRA BAB 4-5 - aulia syafira.docx
Restricted to Repository staff only

Download (130kB)
[img] Text
1719500020 AULIA SYAFIRA daftar pustaka, lampiran - aulia syafira.docx

Download (9MB)

Abstract

SYAFIRA, AULIA. 2023. Keefektifan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Talking Stick terhadap Self Efficacy dan Kemampuan Pemecahan Masalah Kontekstual Matematika (Studi Penelitian pada Materi Penyajian Data Peserta Didik Kelas VII SMP N 19 Kota Tegal Tahun Pelajaran 2022/2023). Skripsi. Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Univesitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I : Isnani, M.Si., M.Pd Pembimbing II : Dr. Munadi Kata Kunci : Keefektifan, Model Problem Based Learning berbantuan Talking Stick, Self Efficacy, Kemampuan Pemecahan Masalah Kontekstual Matematika. Penelitian ini didasarkan pada rendahnya kemampuan Self Efficacy dan kemampuan pemecahan masalah kontekstual matematika peserta didik kelas VII SMPN 19 Kota Tegal khususnya pada materi Penyajian Data. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Talking Stick pada materi pokok Penyajian Data terhadap Self Efficacy dan Kemampuan Pemecahan Masalah Kontekstual Matematika peserta didik Kelas VII SMPN 19 Kota Tegal. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen berdesain true experimental design dengan bentuk pretest-posttest control group desaign. Populasi dalam penelitian ini adalah semua kelas VII SMP N 19 Kota Tegal dengan teknik sampling purposive dipilih sampel penelitian adalah kelas VII A sebagai kelas eksperimen, VII B sebagai kelas kontrol dan VII C sebagai kelas uji coba. Data penelitian dikumpulkan dengan metode tes dan angket. Analisis yang digunakan adalah uji independent sample t-test, uji paired sample t- test, uji gain, uji proporsi, uji one sample t-test , uji manova one way dan uji τ 2 - hotteling yang telah diuji normalitas dan homogenitasnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa self efficacy dan kemampuan pemecahan masalah kontekstual matematika peserta didik yang diajar menggunakan model PBL berbantuan Talking Stick lebih baik daripada yang diajar menggunakan model konvensional. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model Problem Based Learning berbantuan Talking Stick efektif terhadap self efficacy dan kemampuan pemecahan masalah kontekstual matematika pada materi penyajian Data peserta didik Kelas VII SMPN 19 Kota Tegal.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 04 Jan 2024 02:51
Last Modified: 04 Jan 2024 02:51
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/8088

Actions (login required)

View Item View Item