KEEFEKTIFAN MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN VIDEO PEMBELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA

FAZILAH NUR SOFIANI, . (2023) KEEFEKTIFAN MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN VIDEO PEMBELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
JUDUL - BAB 3 - Fazilah Nur S..pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 4 - 5 - Fazilah Nur S..pdf
Restricted to Repository staff only

Download (354kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA - LAMPIRAN - Fazilah Nur S..pdf

Download (4MB)

Abstract

SOFIANI, FAZILAH NUR, 2023. Keefektifan Model Discovery Learning Berbantuan Video Pembelajaran Matematika Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika (Studi Penelitian Pada Peserta Didik Kelas X Semester Genap Mata Pelajaran Statistika di SMA Negeri 5 Tegal Tahun Ajaran 2022/2023). Skripsi Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I : Dra. Eleonora Dwi., M.Pd. Pembimbing II : M. Shaefur Rokhman, M.Si. Kata Kunci : Keefektifan, Model Discovery Learning, Video Pembelajaran, Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Salah satu penyebab dari rendahnya kemampuan pemahaman konsep matematika peserta didik kelas X SMA Negeri 5 Tegal dikarenakan pembelajaran hanya memanfaatkan media pembelajaran visual berupa buku pelajaran, papan tulis, LKPD dan power point serta hanya mengandalkan model pembelajaran Expository Learning. Tujuan dari penelitian ini adalah guna mengetahui apakah ada pengaruh atau tidaknya serta keefektifan dari penggunaan video pembelajaran terhadap pemahaman konsep matematika. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode Post – test Only Control Design. Populasi dalam penelitian iniadalah peserta didik kelas X SMA Negeri 5 Tegal dengan teknik Cluster Random Sampling dipilih sampel penelitian kelas X3 sebagai kelas kontrol, X4 sebagai kelas eksperimen dan X5 sebagai kelas uji coba. Data penelitian dianalisis menggunakan uji t one sample, uji proporsi dan uji independent sample t test yang sebelumnya sudah diuji normalitas dan homogenitasnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemahaman konsep matematika peserta didik yang diajar materi statistika menggunakan model Discovery Learning berbantuan video pembelajaran matematika lebih baik daripada peserta didik yang diajar menggunakan model Expository Learning dan memperoleh peningkatan dengan adanya peserta didik yang masuk ke dalam kategori tinggi. Sehingga semakin sering menerapkan model Discovery Learning berbantuan video pembelajaran matematika maka akan semakin tinggi pula tingkat kemampuan pemahaman konsep matematika, Begitupun sebaliknya jika tidak menggunakan model Discovery Learning berbantuan video pembelajaran maka tidak ada peningkatan pada kemampuan pemahaman konsep matematika peserta didiknya.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 04 Jan 2024 02:51
Last Modified: 04 Jan 2024 02:51
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/8090

Actions (login required)

View Item View Item