PENGGUNAAN GAME EDUKASI WORDWALL DENGAN MODEL SOLE (SELF ORGANIZED LEARNING ENVIRONMENT) TERHADAP HASIL DAN MINAT BELAJAR

ANGGI MAULIDIA, . (2023) PENGGUNAAN GAME EDUKASI WORDWALL DENGAN MODEL SOLE (SELF ORGANIZED LEARNING ENVIRONMENT) TERHADAP HASIL DAN MINAT BELAJAR. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
SKRIPSI_ANGGI MAULIDIA_1818500006-1-71 - Anggi maulidia.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (917kB)
[img] Text
SKRIPSI_ANGGI MAULIDIA_1818500006-72-96 - Anggi maulidia.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (366kB)
[img] Text
SKRIPSI_ANGGI MAULIDIA_1818500006-97-180 - Anggi maulidia.pdf

Download (4MB)

Abstract

MAULIDIA, ANGGI. 2023. Pengunaan Game Edukasi Wordwall dengan Model SOLE (Self Organized Learning Environment) terhadap Hasil dan Minat Belajar. Skripsi. Pendidikan IPA. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I : Yuni Arfiani M.Pd Pembimbing II : Bayu Widiyanto, M.Si Kata Kunci : Game Edukasi, Wordwall, Model SOLE, Hasil Belajar, Minat Belajar Tujuan dari penelitian ini yaitu (1) Mengetahui tingkat efektivitas penggunaan game edukasi wordwall terhadap hasil belajar (2) Mengetahui perbedaan minat belajar antara siswa yang menggunakan model SOLE dan game edukasi wordwall dengan kelas yang menggunakan model SOLE dan LKPD pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam materi sistem ekskresi pada manusia kelas VIII SMP N Muhammadiyah 1 Kota Tegal. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuasi eksperimen Non Equivalent Control Group Design. Penelitian ini melibatkan 2 kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas ekperimen diberikan perlakuan menggunakan model SOLE dan game edukasi wordwall, sedangkan kelas kontrol menggunakan model SOLE dan LKPD. Masing-masing diberikan pretest dan posttest. Hasil pengolahan data menunjukkan perhitungan nilai rata-rata N-Gain Score dari kelas eksperimen sebesar 63,56 sedangkan kelas kontrol 26,42. Kesimpulan hasil penelitian yaitu penggunaan game edukasi wordwall dengan model SOLE “Cukup Efektif” dalam meningkatkan hasil belajar dan terdapat perbedaan minat belajar yang signifikan antara kelompok yang menggunakan game edukasi wordwall dengan kelompok yang tidak menggunakan game edukasi wordwall dengan nilai sig 0,38. Hasil dan minat belajar siswa yang menggunakan game edukasi dalam pembelajaran lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok yang tidak menggunakan game pembelajaran.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan IPA
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 04 Jan 2024 02:52
Last Modified: 04 Jan 2024 02:52
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/8093

Actions (login required)

View Item View Item