IMPLEMENTASI PROYEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DALAM MENYONGSONG KURIKULUM MERDEKA DI SMP NEGERI 15 KOTA TEGAL TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Ibnu Sulaiman, . (2023) IMPLEMENTASI PROYEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DALAM MENYONGSONG KURIKULUM MERDEKA DI SMP NEGERI 15 KOTA TEGAL TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
skripsi bab 1-3 - Ibnu Sulaiman.docx
Restricted to Repository staff only

Download (520kB)
[img] Text
skripsi bab 4-5 - Ibnu Sulaiman.docx
Restricted to Repository staff only

Download (51kB)
[img] Text
lampiran dan dapus - Ibnu Sulaiman.docx

Download (3MB)

Abstract

IBNU SULAIMAN, 2023. “Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Dalam Menyongsong Kurikulum Merdeka di SMP Negeri 15 Kota Tegal Tahun Pelajaran 2022/2023”. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I Dr Tity Kusrina, M.Pd. Pembimbing II Raden Samidi, M.Pd. Dalam Kurikulum Merdeka terdapat Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila sebagai basis memberikan kebebasan siswa untuk mengasah bakat dan minatnya sesuai dengan nilai-nilai Pancasila. Selain untuk memaksimalkan potensi setiap peserta didik. Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila diharapkan mampu memberikan karakter dan moralitas yang sesuai nilai-nilai Pancasila. Tujuan penelitian adalah sebagai wadah untuk menghimpun informasi secara ilmiah terkait implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila menyongsong Kurikulum Merdeka di SMPN 15 Kota Tegal tahun pelajaran 2022/2023. Penelitian kualitatif adalah jenis penelitian yang terpilih, hal ini dikarenakan pendekatan kualitatif menunjukan interaksi yang intim antara peneliti dan informan sehingga memerlukan adaptasi yang tinggi dalam memperoleh data. Metode yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil dari proses perencanaan pembelajaran di SMPN 15 Kota Tegal ada beberapa tahap yaitu a) Tahap kesiapan, b) Proses perencanaan P5 sifatnya adalah terintegrasi, c) Penyusunan tim fasilitator oleh guru, d) Dimensi dalam penerapan P5 terintegrasi dengan 6 dimensi dengan 3 tema, e) Penyusunan modul. Proses pembelajaran ada beberapa tahap yaitu a) Proses pembelajaran dilakukan secara terintegrasi dengan mapel, b) Proses pengetahuan awal dengan melihat lingkungan, c) Pengenalan pembelajaran P5 secara berjenjang, d) Dalam pengenalan lingkungan, e) Melaksanakan aksi projek P5 yaitu sampahku karyaku, pala pendem, dan pembuatan batik. Dampak dari P5 adalah siswa-siswi memiliki pemahaman, nilai, moralitas, serta pengalaman. Proses dokumentasi menggunakan foto dan video yang dilakukan oleh tim IT SMPN 15 Kota Tegal dan diunggah di media sosial. Saran dalam penelitian kali ini adalah agar guru memberikan pembelajaran lebih kreatif, serta guru lebih rajin dalam mengikuti workshop P5. Siswa-siswi diharapkan selalu adaptif, kreatif, gotong-royong terhadap proses pembelajaran dan memperkaya literasi. Kata Kunci : Kurikulum Merdeka, Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, Dampak P5

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Pancasaila dan Kewarganegaraan
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 04 Jan 2024 02:54
Last Modified: 04 Jan 2024 02:54
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/8099

Actions (login required)

View Item View Item