PENGEMBANGAN BAHAN AJAR PRAKTIKUM IPA MOSADIG UNTUK MENUNJANG KETERAMPILAN KOMUNIKASI ILMIAH PESERTA DIDIK

LIYA SAFITRI, . (2023) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR PRAKTIKUM IPA MOSADIG UNTUK MENUNJANG KETERAMPILAN KOMUNIKASI ILMIAH PESERTA DIDIK. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
COVER & BAB 1-3_Liya Safitri(1819500003) - liya safitri.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB 4&5_Liya Safitri(1819500003) - liya safitri.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (853kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA & LAMPIRAN_Liya Safitri(1819500003) - liya safitri.pdf

Download (7MB)

Abstract

SAFITRI, LIYA. 2023. Pengembangan Bahan Ajar Praktikum IPA Mosadig untuk Menunjang Keterampilan Komunikasi Ilmiah Peserta didik. Skripsi. Pendidikan IPA. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I : Muriani Nur Hayati, M.Pd Pembimbing II : Fahmi Fatkhomi, M.Pd Kata Kunci : Keterampilan Proses Sains, Keterampilan Komunikasi Ilmiah, Bahan Ajar Praktikum IPA Digital Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan dan kemenarikan dari bahan ajar praktikum IPA Mosadig untuk menunjang keterampilan komunikasi ilmiah peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) dengan model pengembangan Bord and Gall. Adapun Teknik pengumpulan data menggunakan nontes berupa angket, wawancara, observasi. Instrumen yang digunakan berupa angket ahli materi, angket ahli desain media dan angket respon peserta didik serta lembar observasi keterampilan komunikasi ilmiah peserta didik. Bahan ajar yang sudah dikembangkan divalidasi oleh 2 ahli materi dan 2 ahli media untuk mengetahui kelayakan produk. Hasil penilaian kelayakan modul berbasis keterampilan proses sains oleh ahli materi sebesar 81,2% dalam kategori sangat layak dan penilaian oleh ahli media sebesar 93,7% dalam kategori sangat layak. Hasil respon peserta didik memperoleh 86,67% dalam kategori sangat menarik. Hasil observasi keterampilan keterampilan komunikasi ilmiah pada pertemuan pertama sebesar 74,6% dengan kategori terampil sedangkan pada pertemuan kedua sebesar 82.7% dengan kategori sangat terampil. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahan ajar praktikum IPA Mosadig sangat layak dan sangat menarik digunakan dalam menunjang keterampilan komunikasi ilmiah peserta didik.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan IPA
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 04 Jan 2024 03:41
Last Modified: 04 Jan 2024 03:41
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/8108

Actions (login required)

View Item View Item