UMI NURJANAH, . (2023) PERBEDAAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW BERBANTUAN ALAT PERAGA DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.
Text
UMI_1719500019_PMTK cover bab 1-3 - Umi Nurjanah.docx Restricted to Repository staff only Download (873kB) |
|
Text
UMI_1719500019_PMTK bab 4-5 - Umi Nurjanah.docx Restricted to Repository staff only Download (35kB) |
|
Text
UMI_1719500019_PMTK dapus - lampiran - Umi Nurjanah.docx Download (4MB) |
Abstract
NURJANAH, UMI. 2023. Perbedaan Pemahaman Konsep Matematis Model Pembelajaran Jigsaw Berbantuan Alat Peraga Ditinjau dari Kemampuan Awal (Studi Penelitian Pada Pokok Materi Peluang Bagi Peserta Didik Kelas X Semester Genap SMA Al – Irsyad Kota Tegal Tahun Pelajaran 2022/2023). Skripsi. Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I : Dra. Eleonora Dwi W., M.Pd Pembimbing II : Drs. Ponoharjo, M.Pd. Kata Kunci : Perbedaan, Model Pembelajaran Jigsaw, alat peraga, pemahaman konsep matematis, kemampuan awal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : (1) ada tidaknya perbedaan pemahaman konsep matematis peserta didik antara model pembelajaran Jigsaw berbantuan alat peraga dengan model pembelajaran kontekstual, (2) Pemahaman konsep matematis peserta didik yang mempunyai kemampuan awal tinggi menggunakan model pembelajaran Jigsaw berbantuan alat peraga lebih baik dari pada yang menggunakan Kontekstual,dan (3) pemahaman konsep matematis peserta didik yang mempunyai kemampuan awal rendah menggunakan model pembelajaran Jigsaw berbantuan alat peraga lebih baik daripada yang menggunakan Kontekstual. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X semester genap SMA Al-Irsyad Kota Tegal tahun pelajaran 2022/2023 dengan jumlah 173 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik Purposive sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi dan tes. Teknik analisis data menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK), uji-t satu pihak kanan dan uji-t pihak satu kiri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) ada perbedaan pemahaman konsep matematis peserta didik antara model pembelajaran Jigsaw berbantuan alat peraga dengan model pembelajaran kontekstual, (2) Pemahaman konsep matematis peserta didik yang mempunyai kemampuan awal tinggi menggunakan model pembelajaran Jigsaw berbantuan alat peraga lebih baik dari pada yang menggunakan Kontekstual,dan (3) pemahaman konsep matematis peserta didik yang mempunyai kemampuan awal rendah menggunakan model pembelajaran Jigsaw berbantuan alat peraga lebih baik daripada yang menggunakan Kontekstual.
Item Type: | Karya Ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 04 Jan 2024 03:07 |
Last Modified: | 04 Jan 2024 03:12 |
URI: | http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/8110 |
Actions (login required)
View Item |