KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI BERBANTUAN ALAT PERAGA ULAR TANGGA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA

RIO BUDY KUSUMA, . (2023) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI BERBANTUAN ALAT PERAGA ULAR TANGGA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
cover-bab 3 - Rio Budy Kusuma.docx
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 4-BAB 5 - Rio Budy Kusuma.docx
Restricted to Repository staff only

Download (105kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA-Lampiran - Rio Budy Kusuma.docx

Download (4MB)

Abstract

Kusuma, Rio Budy. 2023. Keefektifan Model Pembelajaran Berdiferensiasi Berbantuan Alat Peraga Ular Tangga Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika (Suatu Penelitian Pada Peserta Didik Kelas VII Semester 2 SMP Negeri 4 Tegal Tahun Pelajaran 2022/2023 Pada Materi Pokok Transformasi). Skripsi. Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I : Dra. Eleonora Dwi W., M.Pd Pembimbing II : Isnani, M. Si., M. Pd. Kata Kunci : Kemampuan pemecahan masalah, Pembelajaran Berdiferensiasi, Ular Tangga Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran berdiferensiasi berbantuan alat peraga ular tangga terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMP Negeri 4 Tegal. Pengambilan sampel menggunakan probability sampling dengan menggunakan Cluster Sampling. Metode penelitian ini menggunakan uji proporsi dilanjutkan dengan uji one sample t-test untuk membuktikan hipotesis pertama, uji t satu pihak kanan untuk membuktikan hipotesis kedua, dan uji paired sample t-test dilanjutkan dengan uji N-Gain untuk membuktikan hipotesis ketiga. Hasil penelitian menyatakan bahwa peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran berdiferensiasi berbantuan alat peraga ular tangga nilainya lebih dari 78 mencapai 70%. Selain itu penggunaan model pembelajaran berdiferensiasi berbantuan alat peraga ular tangga lebih baik daripada pembelajaran konvensional dengan perhitungan uji t satu pihak kanan. Kemudian model pembelajaran berdiferensiasi berbantuan alat peraga dirasa cukup berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dengan perhitungan uji paired sample t-test dilanjutkan dengan perhitungan uji N- Gain. Saran penelitian ini kepada guru adalah guru hendaknya mampu memenuhi kebutuhan belajar setiap peserta didik yang beragam dengan menggunakan model pembelajaran yang tepat dan dapat memotivasi peserta didik dnegan meningkatkan semangat belajar peserta didik dalam pembelajaran, kepada peserta didik adalah Peserta didik hendaknya termotivasi terhadap sesuatu yang sampaikan oleh guru dan lebih aktif dalam pembelajaran.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 04 Jan 2024 03:47
Last Modified: 04 Jan 2024 03:47
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/8113

Actions (login required)

View Item View Item