PENGARUH KECAKAPAN ABAD 21 TERHADAP IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA MATA PELAJARAN PPKN KELAS X SMAN 1 PANGKAH

CINDY INDAH FEBRIYANI, . (2023) PENGARUH KECAKAPAN ABAD 21 TERHADAP IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA MATA PELAJARAN PPKN KELAS X SMAN 1 PANGKAH. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
COVER-BAB 3 SKRIPSI CINDY - Cindy Indah Febriyani.docx
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV-V SKRIPSI CINDY - Cindy Indah Febriyani.docx
Restricted to Repository staff only

Download (38kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA- LAMPIRAN SKRIPSI CINDY - Cindy Indah Febriyani.docx

Download (3MB)

Abstract

FEBRIYANI, CINDY INDAH. 2023. Pengaruh Kecakapan Abad 21 Terhadap Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Mata Pelajaran Ppkn Kelas X Di Sma Negeri 1 Pangkah. Skripsi. Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I : Drs. Subiyanto, M.Pd Pembimbing II : Wahyu Jati Kusuma, S.H, M.H Kata Kunci : kecakapan abad 21, kurikulum merdeka Permasalah yang dikaji pada penelitian ini berkaitan dengan Proses pembelajaran abad 21 di SMA Negeri 1 Pangkah masih kurang efektiv serta kurangnya implementasi kurikulum merdeka dalam proses pembelajaran PPKn kelas X di SMA Negeri 1 Pangkah, kcamatan Pangkah, Kabupaten Tegal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengukur tingkat kecakapan abad 21 dan mengukur keefesiensian kurikulum merdeka di SMA Negeri 1 Pangkah serta menganalisis hubungan kecakapan abad 21 dengan kurikulum merdeka pada mata pelajaran PPKn kelas X di SMA Negeri 1 Pangkah, Kecamatan Pangkah, Kabupaten Tegal. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif yang mengguakan angka-angka dimulai pengumpulan data, penafsiran terhadap data, serta penampilan hasil. Desain penelitian ini menggunakan desain non eksperimen. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data mengguanakan teknik observasi dan angket. Sedangkan data yang digunakan pada penelitian ini adalah data primer yang diperoleh dari peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Pangkah. Teknik analisis data yang digunakan analisis deskriptif dan analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian ini adalah kecakapan abad 21 berpengaruh positif dan signitifikan terhadap kurikulum merdeka, kurikulum merdeka tidak berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kecakapan abad 21.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Pancasaila dan Kewarganegaraan
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 08 Jan 2024 01:46
Last Modified: 08 Jan 2024 01:46
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/8146

Actions (login required)

View Item View Item