TUTURAN IMPERATIF GURU SD NEGERI SIDAMULYA 01 DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA

EVA FATMAWATI, . (2023) TUTURAN IMPERATIF GURU SD NEGERI SIDAMULYA 01 DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
COVER-BAB 3 - Eva Fatmawati.docx
Restricted to Repository staff only

Download (387kB)
[img] Text
BAB 4 DAN 5 EVA FATMAWATI - Eva Fatmawati.docx
Restricted to Repository staff only

Download (44kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN (EVA FATMAWATI) - Eva Fatmawati.docx

Download (3MB)

Abstract

FATMAWATI, EVA. 2023. Tuturan Imperatif Guru SD Negeri Sidamulya 01 dan Implikasinya Terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. Skripsi. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I : Leli Triana, M.Pd. Pembimbing II : Syamsul Anwar, M.Pd. Kata Kunci : Tindak tutur, Tuturan Imperatif, Pembelajaran bahasa Indonesia. Tindak tutur merupakan perilaku tuturan atau ujaran yang digunakan oleh penggunaan bahasa dalam kegiatan komunikasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan wujud tuturan imperatif yang dituturkan guru dalam proses pembelajaran di SD Negeri Sidamulya 01 dan untuk mendeskripsikan implikasi hasil penelitian terhadap pembelajaran bahasa Indonesia di SMA. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, wujud data dalam penelitian ini berupa penggalan-penggalan tuturan imperatif yang disampaikan oleh guru SD Negeri Sidamulya 01. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik catat, teknik rekam, dan teknik simak bebas libat cakap. Teknik analisis data menggunakan metode padan pragmatis serta dalam penyajian data menggunakan metode informal. Berdasakan hasil dari penelitian ini, terdapat 40 data tuturan imperatif yakni data tuturan imperatif perintah sebanyak 4 tuturan, tuturan imperatif suruhan sebanyak 8 tuturan, tuturan imperatif permintaan sebanyak 4 tuturan, tuturan imperatif permohonan sebanyak 1 tuturan, tuturan imperatif desakan sebanyak 2 tuturan, tuturan imperatif bujukan sebanyak 1 tuturan, tuturan imperatif imbauan sebanyak 2 tuturan, tuturan imperatif persilaan sebanyak 5 tuturan, tuturan imperatif ajakan sebanyak 2 tuturan, tuturan imperatif larangan sebanyak 7 tuturan, dan tuturan imperatif anjuran sebanyak 4 tuturan. Hasil dari penelitian ini dapat diimplikasikan pada materi ajar di SMA kelas XI semester 1 K13 (kurtilas) yaitu pada KD 3.2 Menganalisis struktur dan kebahasaan teks prosedur. Saran penelitian ini diharapkan pendidik dapat menambah wawasan pendidik bahasa Indonesia mengenai kajian pragmatik, khususnya mengenai tuturan imperatif yang akan diajarkan kepada peserta didik sehingga dapat memepermudah pendidik dalam proses pembelajaran. Bagi peserta didik, hasil dari penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan bagi peserta didik, sehingga dapat dengan mudah peserta didik dalam memepelajari wujud tuturan impratif yang terdapat dalam materi pembelajaran bahasa Indonesia. Penelitian ini masih terdapat tuturan 8 imperatif yang perlu dianalisis dan dikaji, sehingga diharapkan dapat diadakan penelitian selanjutnya.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 09 Jan 2024 03:34
Last Modified: 09 Jan 2024 03:34
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/8150

Actions (login required)

View Item View Item