PEMBERIAN REWARD DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN EKONOMI SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 KRAMAT

YULIS YULIANI, . (2023) PEMBERIAN REWARD DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN EKONOMI SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 KRAMAT. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
YULIS YULIANI COVER BAB 1-3 - yulis yuliani.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (941kB)
[img] Text
YULIS YULIANI BAB 4-5 - yulis yuliani.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (555kB)
[img] Text
YULIS DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN - yulis yuliani.pdf

Download (3MB)

Abstract

YULIANI, YULIS. 2023. Pemberian Reward Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Pada Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Kramat. Skripsi. Pendidikan Ekonomi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I : Dr. H. Basukiyatno, M.Pd. Pembimbing II : Neni Hendaryati, M.Pd. Kata Kunci : Pemberian reward, kendala pemberian reward, solusi dalam mengatasi kendala Pokok permasalahan pada penelitian ini tentang pemberian reward dalam meningkatkan motivasi pada mata Pelajaran ekonomi kelas XI. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui dan mendeskripsikan pemberian reward dalam meningkatkan motivasi belajar pada mata pelajaran ekonomi di kelas XI. 2) mengetahui dan mendeskripsikan kendala pemberian reward dalam meningkatkan motivasi belajar pada mata pelajaran ekonomi di kelas XI. 3) Mengetahui dan mendeskripsikan solusi yang dilakukan dalam mengatasi kendala pada pemberian reward dalam meningkatkan motivasi belajar pada mata pelajaran ekonomi di kelas XI. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan triangulasi. Hasil dari penelitian ini: 1) Pemberian reward berupa pujian atau kata-kata, penambahan nilai dan tepuk tangan. 2) Kendala pemberian reward berbentuk materi karena terkendala jumlah siswa dan motivasi belajar siswa masih sedikit. 3) Solusi yang dilakukan dalam mengatasi kendala pemberian reward memberikan motivasi kepada peserta didik pentingnya belajar, memperbaiki hubungan dengan siswa. Saran penelitian ini kepada guru supaya selalu memberikan arrahan dan motivasi belajar kepada siswa untuk dapat memiliki motivasi belajar ekonomi yang membuat siswa merasa percaya diri, kepada siswa untuk mau meningkatkan motivasi belajar baik motivasi dari luar maupun dari dalam, kepada peneliti mengharapkan penelitian yang telah dilakukan ini dapat menjadi rujukan dan bahan penelitian untuk penelitian selanjutnya.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 09 Jan 2024 03:37
Last Modified: 09 Jan 2024 03:37
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/8167

Actions (login required)

View Item View Item