MINDFULNESS THERAPY UNTUK MENGURANGI FEAR OF MISSING OUT (FOMO) PADA PESERTA DIDIK KELAS X TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN (TKJ) DI SMK NU HASYIM ASY’ARI TARUB KABUPATEN TEGAL

VIVI TRIYANI, . (2023) MINDFULNESS THERAPY UNTUK MENGURANGI FEAR OF MISSING OUT (FOMO) PADA PESERTA DIDIK KELAS X TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN (TKJ) DI SMK NU HASYIM ASY’ARI TARUB KABUPATEN TEGAL. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
Cover-BAB 3 - Vivi Triyani.docx
Restricted to Repository staff only

Download (453kB)
[img] Text
BAB 4-5 - Vivi Triyani.docx
Restricted to Repository staff only

Download (65kB)
[img] Text
DAPUS-LAMPIRAN - Vivi Triyani.docx

Download (1MB)

Abstract

TRIYANI, VIVI. 2023. Mindfulness Therapy Untuk Mengurangi Fear of Missing Out (FOMO) Pada Peserta Didik Kelas X Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) di SMK NU Hasyim Asy’ari Tarub Kabupaten Tegal. Skripsi Bimbingan dan Konseling Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I : Sri Adi Nurhayati, S.Psi, M.M. Pembimbing II : Dr. Rahmad Agung Nugraha, M.Si. Kata Kunci : Mindfulness Therapy, Fear of Missing Out (FOMO) dan Peserta Didik Penelitian ini dilatarbelakangi karena adanya peserta didik yang mengalami Fear of Missing Out (FOMO). Permasalahan ditandai dengan perasaan takut tertinggal momen berharga dan keinginan selalu terhubung dengan orang lain melalui media sosial. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1). Penyebab Fear of Missing Out (FOMO) pada peserta didik, 2). Akibat Fear of Missing Out (FOMO) pada peserta didik, 3). Pelaksanaan Mindfulness Therapy dalam mengurangi Fear of Missing Out (FOMO) pada peserta didik. Penelitian ini berpendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian kausal atau sebab-akibat. Populasi penelitian berjumlah 104 peserta didik X TKJ dan sampel 1 peserta didik dengan tingkat FOMO rendah, 64 peserta didik dengan tingkat FOMO sedang dan 7 peserta didik dengan tingkat FOMO tinggi. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, angket, skala psikologi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan: 1). Penyebab Fear of Missing Out (FOMO) yaitu faktor internal dan eksternal, 2). Akibat dari Fear of Missing Out (FOMO) yaitu terganggunya hubungan sosial secara langsung dengan teman atau keluarga, ketidakpuasan individu terhadap dirinya meningkat, dan terganggunya produktivitas serta fokus sehari-hari karena sulitnya mengontrol penggunaan media sosial, 3). Hasil analisis regresi menunjukkan hasil signifikansi 0,003 < 0,05, yang artinya layanan konseling kelompok dengan teknik Mindfulness Therapy dapat mengurangi Fear of Missing Out (FOMO) pada peserta didik kelas X TKJ SMK NU Hasyim Asy’ari Tarub Kabupaten Tegal sebesar 84,5%. Saran yang penulis sampaikan kepada pihak sekolah yaitu Mindfulness Therapy dapat menurunkan Fear of Missing Out (FOMO), maka dari itu peneliti berharap pihak sekolah dapat memberikan kebijakan mengenai pelaksanaan bimbingan konseling dalam mengurangi Fear of Missing Out (FOMO) yang terjadi pada peserta didik.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 09 Jan 2024 03:37
Last Modified: 09 Jan 2024 03:37
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/8168

Actions (login required)

View Item View Item