PENGARUH ADAPTASI TEKNOLOGI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS 6 SDN TEGALSARI 2 PADA PELAJARAN MATEMATIKA

AUFA JIHAN NABILA, . (2023) PENGARUH ADAPTASI TEKNOLOGI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS 6 SDN TEGALSARI 2 PADA PELAJARAN MATEMATIKA. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
cover - bab 3 - Aufa Jihan Nabila.docx
Restricted to Repository staff only

Download (956kB)
[img] Text
Bab 4-5 - Aufa Jihan Nabila.docx
Restricted to Repository staff only

Download (30kB)
[img] Text
Daftar pustaka - Lampiran - Aufa Jihan Nabila.docx

Download (999kB)

Abstract

NABILA, AUFA JIHAN. 2023. Pengaruh Adaptasi Teknologi terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas 6 SDN Tegalsari 2 pada Pelajaran Matematika. Skripsi. Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I : Drs. Ponoharjo, M.Pd Pembimbing II : Dr. Paridjo Kata kunci: Adaptasi Teknologi, Powtoon, Microsoft PowerPoint, Hasil Belajar Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan adaptasi teknologi yang lebih mudah dipahami dan mengevaluasi pengaruh adaptasi teknologi terhadap hasil belajar matematika siswa kelas 6 di SDN Tegalsari 2 Kota Tegal. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian pre-eksperimental One Group Pre-test-Post test Design. Data diperoleh dari 24 siswa kelas 6 melalui pretest dan posttest serta dokumentasi. Analisis data menggunakan T test dengan SPSS versi 22. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan rata-rata antara nilai pretest dan posttest siswa, serta peningkatan yang signifikan terhadap hasil belajar siswa setelah menggunakan adaptasi teknologi yaitu penggunaan Powtoon dan Microsoft PowerPoint.Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa adaptasi teknologi, seperti penggunaan Powtoon dan Microsoft PowerPoint, memiliki pengaruh positif terhadap hasil belajar siswa kelas 6 di SDN Tegalsari 2 Kota Tegal. Penelitian ini memiliki implikasi penting dalam meningkatkan pembelajaran matematika dan mengatasi kesulitan siswa dalam memahami konsep matematika yang bersifat abstrak. Selain itu, penelitian ini juga memberikan panduan adaptasi teknologi kepada guru yang membutuhkan, khususnya bagi guru yang masih kesulitan menguasai dan menghadapi teknologi.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 09 Jan 2024 03:38
Last Modified: 09 Jan 2024 03:38
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/8172

Actions (login required)

View Item View Item