PENGARUH PENGGUNAAN SMARTPHONE DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI DI KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 KRAMAT

DEVI NURUL YUNIARTI, . (2023) PENGARUH PENGGUNAAN SMARTPHONE DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI DI KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 KRAMAT. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
SKRIPSI COVER - BAB 3_DEVI NURUL YUNIARTI - Devi Nurul Yuniarti.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
SKRIPSI BAB 4 - BAB 5_DEVI NURUL YUNIARTI - Devi Nurul Yuniarti.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (989kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA - LAMPIRAN_SKRIPSI DEVI NURUL YUNIARTI - Devi Nurul Yuniarti.pdf

Download (4MB)

Abstract

YUNIARTI, NURUL, DEVI. 2023. Pengaruh Penggunaan Smartphone dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Di Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Kramat. Skripsi. Pendidikan Ekonomi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I : Dr. Beni Habibi, M.Pd Pembimbing II : Dr. Basukiyatno, M.Pd Kata Kunci : Penggunaan Smartphone, Motivasi Belajar, Hasil Belajar Permasalahan dalam penelitian ini adalah siswa mengunakan smartphone untuk mengakses media sosial dan tidak memiliki motivasi untuk belajar menyebabkan hasil belajar kurang memuaskan. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya (1) pengaruh penggunaan smartphone terhadap hasil belajar ekonomi di kelas XI IPS SMA Negeri 1 Kramat, (2) pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar ekonomi di kelas XI IPS SMA Negeri 1 Kramat, (3) pengaruh penggunaan smartphone dan motivasi belajar terhadap hasil belajar ekonomi di kelas XI IPS SMA Negeri 1 Kramat. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Kramat yang berjumlah 177 siswa, dengan jumlah sampel 64 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi dan angket. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif, uji prasyarat data dengan uji homogenitas, uji normalitas dan uji linearitas, analisis regresi linear sederhana, analisis regresi linear berganda, uji t dan uji F. Hasil penelitian menyatakan bahwa ada pengaruh penggunaan smartphone terhadap hasil belajar dengan tingkat pengaruh sebesar 81,3%. Sedangkan pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar sebesar 92%. Selain itu pengaruh penggunaan smartphone dan motivasi belajar terhadap hasil belajar sebesar 94,8%. Saran penelitian ini kepada siswa dapat menambah intensitas dalam menggunakan smartphone untuk menunjang proses pembelajaran dengan cara mengakses internet guna mencari informasi, berita, artikel secara up to date mengenai mata pelajaran khususnya ekonomi, kepada guru dapat mengatur penggunaan smartphone dengan cara mengawasi dan membatasi penggunaan smartphone dalam pembelajaran serta dapat memotivasi siswa dengan cara memberikan dorongan motivasi belajar ketika proses pembelajaran agar tetap bersemangat dalam belajar untuk memperoleh nilai yang tinggi dan meraih cita-cita dimasa depan, kepada peneliti selanjutnya dapat memperluas cakupan penelitian dengan menggunakan variabel-variabel lain.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 09 Jan 2024 03:39
Last Modified: 30 May 2024 01:02
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/8175

Actions (login required)

View Item View Item