PENGARUH POTONGAN HARGA BELANJA ONLINE TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF

MIZDAWATI, . (2023) PENGARUH POTONGAN HARGA BELANJA ONLINE TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
cover sampai 3 - Mizda Wati.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
bab 4-5 - Mizda Wati.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (358kB)
[img] Text
daftar pustaka-lampiran - Mizda Wati.pdf

Download (3MB)

Abstract

MIZDAWATI. 2023. Pengaruh Potongan Harga Belanja Online Terhadap Perilaku Konsumtif (Studi Kasus Pengguna Aplikasi Shopee pada Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal). Pendidikan Ekonomi. Fakltas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I : Dr. Basukiyatno, M.Pd Pembimbing II : Dr. Dewi Apriani Fr,.MM Kata Kunci : Potongan harga Belanja Online, Perilaku Konsumtif Permasalahan pada penelitian ini yaitu setelah terjadinya pandemi mahasiswa banyak yang melakukan pembelian secara online. Apalagi adanya kemenarikan program yang ditawarkan oleh marketplace khususnya pada saat adanya program potongan harga membuat meningkatnya minat mahasiswa untuk melakukan pembelian tanpa batas dan mempertimbangkan dengan matang. Banyak mahasiswa yang menggunakan aplikasi shopee karena terpercaya, adanya gratis ongkir, dan sering adanya diskon atau potongan harga secara besar-besaran pada waktu tertentu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh potongan harga belanja online terhadap perilaku konsumtif. Metode yang peneliti gunakan yaitu kuantitatif dengan metode korelasi asosiatif. Populasi pada penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal. Pengambilan sempel menggunakan teknik simple random sampling. Hasil penelitian menyatakan bahwa ada pengaruh antara potongan harga belanja online terhadap perilaku konsumtif dengan hasil analisis statistik deskriptif variabel potongan harga dengan kategori sedang dan variabel perilaku konsumtif dengan kategori tinggi. Selain itu, hasil analisis regresi variabel potongan harga terhadap perilaku konsumtif sebesar 0,324 dan skor koefisien determinasi (R) sebesar 0,577. Dengan skor signifikansi sebesar 0,000 < 0,10. Artinya, ada pengaruh positif dan signifikasi antara potongan harga terhadap perilaku konsumtif pada mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal. Saran penelitian ini kepada mahasiswa kususnya Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal diharapkan penting kiranya mempertimbangkan potongan harga saat melakukan pembelian pada aplikasi shopee, bagi peneliti selanjutnya dapat meneliti variabel lain di platform yang sama, dan peneliti selanjutnya dapat lebih optimal dalam melakukan penelitian secara mendalam dengan jumlah sempel yang lebih besar sehingga dapat mendapatkan hasil yang maksimal.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 09 Jan 2024 03:39
Last Modified: 09 Jan 2024 03:39
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/8180

Actions (login required)

View Item View Item