PENGARUH PEMASARAN PRODUK, KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN

HARUN SUPRIYADI, . (2023) PENGARUH PEMASARAN PRODUK, KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
COVER-BAB 3 - Harunnyadi Supriyadi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (992kB)
[img] Text
BAB 4 - BAB 5 - Harunnyadi Supriyadi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (588kB)
[img] Text
DAPUS - LAMPIRAN - Harunnyadi Supriyadi.pdf

Download (4MB)

Abstract

SUPRIYADI, HARUN. 2023. Pengaruh Pemasaran produk, Kualitas Produk dan Harga Terhadap Minat Beli Konsumen (Studi Kasus di Miemie Brownie Diponegoro Kota Tegal). Skripsi. Pendidikan Ekonomi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I : Dr. Beni Habibi, M.Pd Pembimbing II : Dr. Basukiyatno, M.Pd Kata Kunci : Pemasaran produk, kualitas produk, harga, minat beli konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh pemasaran produk, kualitas produk, dan harga terhadap minat beli konsumen. Faktor-faktor ini dianggap penting dalam membentuk preferensi konsumen dan keputusan pembelian. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan mengumpulkan data melalui survei kepada 80 responden yang merupakan konsumen potensial dari produk yang diteliti. Pengambilan sampel menggunakan teknik sampling purposive. Hasil penelitian menyatakan bahwa terdapat pengaruh yang kuat antara pengaruh pemasaran produk terhadap minat beli konsumen dengan tingkat pengaruh 72%. Sedangkan pengaruh antara kualitas produk terhadap minat beli konsumen sebesar 66% dan pengaruh harga terhadap minat beli konsumen sebesar 68%. Selain itu berpengaruh secara simultan antara pengaruh pemasaran produk, kualitas produk dan harga terhadap minat beli konsumen sebesar 97%. Hasil penelitian menyatakan bahwa pemasaran produk berpengaruh signifikan terhadap minat beli konsumen dengan nilai thitung 16,163 > ttabel 1,665, kualitas produk berpengaruh terhadap minat beli konsumen dengan nilai thitung 13,881 > ttabel 1,665, sedangkan harga berpengaruh terhadap minat beli konsumen dengan nilai thitung 14,797 > ttabel 1,665, selain itu pemasaran produk, kualitas produk dan harga berpengaruh terhadap minat beli konsumen dengan nilai fhitung 114,703> ftabel 3,117. Kesimpulan bahwa variabel pemasaran produk berpengaruh terhadap minat beli konsumen, variabel kualitas produk terdapat pengaruh terhadap minat beli konsumen dan variabel harga terdapat pengaruh terhadap minat beli konsumen Miemie Brownie Diponegoro Kota Tegal. Saran bagi objek penelitian yaitu owner atau pengelola usaha Diharapkan agar melakukan pengelolaan harga yang kompetitif. Hal ini melibatkan pemahaman yang baik tentang harga pesaing, penentuan harga yang sesuai dengan nilai produk, dan penerapan strategi harga yang efektif, seperti diskon, penawaran khusus, atau paket bundling. Outlet juga perlu mengawasi dinamika pasar dan melakukan penyesuaian harga jika diperlukan agar tetap kompetitif dan menarik minat beli konsumen. Saran bagi karyawan untuk mendapatkan perlu meningkatkan pemahaman yang mendalam tentang produk yang mereka jual atau promosikan. Ini melibatkan pengenalan produk secara menyeluruh, bahan baku, bahan produksi, keunggulan dibandingkan dengan pesaing, dan segmen pasar yang dituju.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 09 Jan 2024 03:41
Last Modified: 09 Jan 2024 03:41
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/8193

Actions (login required)

View Item View Item