STRATEGI KOMUNIKASI PERSUASIF DIFABEL SLAWI MANDIRI (DSM) DALAM MEMBANGUN KEPERCAYAAN DIRI ORANG YANG PERNAH MENGALAMI KUSTA (OYPMK) DI KABUPATEN TEGAL

Choirunnisa Adinda Prihatini, . (2024) STRATEGI KOMUNIKASI PERSUASIF DIFABEL SLAWI MANDIRI (DSM) DALAM MEMBANGUN KEPERCAYAAN DIRI ORANG YANG PERNAH MENGALAMI KUSTA (OYPMK) DI KABUPATEN TEGAL. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
COVER-BAB 4 - Choirunnisa Adinda.docx

Download (3MB)
[img] Text
BAB V-VII - Choirunnisa Adinda.docx
Restricted to Repository staff only

Download (504kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN - Choirunnisa Adinda.docx

Download (1MB)

Abstract

Choirunnisa Adinda Prihatini. 2219500005. STRATEGI KOMUNIKASI PERSUASIF DIFABEL SLAWI MANDIRI (DSM) DALAM MEMBANGUN KEPERCAYAAN DIRI ORANG YANG PERNAH MENGALAMI KUSTA (OYPMK) DI KABUPATEN TEGAL. SKRIPSI. Dosen Pembimbing I: Ike Desi Florina, M.I.Kom. Dosen Pembimbing II: Dra. Hj. Oemi Hartati, M.Si. Program Studi Ilmu Komunikasi. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Universitas Pancasakti Tegal. Kasus kusta di Provinsi Jawa Tengah pada tahun 2022 mencapai 2.263 kasus kusta, dengan Kabupaten Tegal menempati peringkat kedua dengan total 12% dari total kasus. Stigma yang masih melekat pada orang yang pernah mengalami kusta (OYPMK) di Kabupaten Tegal berdampak psikologis yang signifikan, menghambat interaksi sosial. Melalui wawancara dengan Difabel Slawi Mandiri (DSM) terungkap strategi mereka, seperti kunjungan ke rumah (home visit), sosialisasi, konseling sebaya bagi orang yang pernah mengalami kusta (OYPMK). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, menganalisis strategi komunikasi Difabel Slawi Mandiri (DSM) melalui wawancara dan studi kasus. Hasil penelitian ini memperlihatkan tiga strategi: psikodinamika, persuasi sosiokultural, dan the meaning construction. Setiap strategi bertujuan untuk mengubah presepsi masyarakat, memberikan dukungan, dan meningkatkan pemahaman tentang kusta, serta meningkatkan kepercayaan diri orang yang pernah mengalami kusta (OYPMK). Kesimpulan penelitian menunjukkan strategi komunikasi persuasif Difabel Slawi Mandiri (DSM) dapat dikelompokkan menjadi tiga jenis, yaitu psikodinamika, persuasi sosiokultural, dan the meaning construction. Tujuannya untuk memberikan pemahaman, mendukung perubahan perilaku, dan meningkatkan kepercayaan diri orang yang pernah mengalami kusta (OYPMK), serta mengurangi stigma di masyarakat. Kata kunci: Kasus kusta, Stigma, OYPMK, Interaksi sosial, Strategi komunikasi, Perubahan perilaku, Kepercayaan diri

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 25 Jan 2024 01:39
Last Modified: 29 May 2024 03:38
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/8227

Actions (login required)

View Item View Item