EVALUASI MODEL CIPP TERHADAP PROGRAM STRATEGI SUPERVISI KUNJUNGAN KELAS KEPALA SEKOLAH DALAM UPAYA MENINGKATKAN KINERJA GURU DI SMK NEGERI 1 TEGAL

DANU WIYOTO, . (2024) EVALUASI MODEL CIPP TERHADAP PROGRAM STRATEGI SUPERVISI KUNJUNGAN KELAS KEPALA SEKOLAH DALAM UPAYA MENINGKATKAN KINERJA GURU DI SMK NEGERI 1 TEGAL. Thesis thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
Danu W_Cover-BAB III - Danu Wiyoto.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Danu W_BAB IV-V - Danu Wiyoto.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Daftar Pustaka_Lampiran - Danu Wiyoto.pdf

Download (2MB)

Abstract

Wiyoto, Danu, 2023. “Evaluasi Model CIPP terhadap Program Strategi Supervisi Kunjungan Kelas Kepala Sekolah dalam Upaya Meningkatkan Kinerja Guru di SMK Negeri 1 Tegal”. Tesis Program Studi magister Pedagogi. Program Pascasarjana Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I Dr. Beni Habibi, M.Pd, Pembimbing II Dr. Sutji Muljani, M.Hum. Kata Kunci : Evaluasi, CIPP, Supervisi, Kinerja Guru Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi program strategi supervisi kunjungan kelas kepala sekolah dalam upaya meningkatkan kinerja guru di SMK Negeri 1 Tegal dengan menggunakan evaluasi CIPP (Context, Input, Process, Product). Pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan secara purposif, yaitu berdasarkan maksud dan tujuan penelitian. Sampel dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, tenaga pendidik yang benar-benar mengetahui dan menguasai masalah, serta terlibat langsung dengan masalah penelitian, seperti ketua tim Penilaian Kinerja Guru (PKG) dan ketua kompetensi keahlian di SMK Negeri 1 Tegal. Pengambilan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan studi dokumen. Peneliti turun langsung dengan mengumpulkan data secara lengkap dan menyeluruh sesuai dengan tujuan penelitian yang berhubungan dengan evaluasi program strategi supervisi kunjungan kelas kepala sekolah dalam upaya meningkatkan kinerja guru di SMK Negeri 1 Tegal. Teknik wawancara yang digunakan dengan teknik snowball, yaitu pengambilan data kepada informan dan bergulir kepada informan berikutnya atas rekomendasi informan pertama dan seterusnya. Data hasil wawancara observasi dan dokumen dianalisis dengan metode Miles and Hubberman. Data dikumpulkan dan dihimpun sesuai tujuan penelitian yaitu berupa kata-kata, tindakan, situasi dokumen, peristiwa, dan kenyataan yang diobservasi. Adapun hasil penelitiannya menunjukan bahwa evaluasi context (konteks) sudah baik, dikarenakan adanya dasar hukum pelaksanaan program, kesesuaian tujuan, manfaat, dan sasaran program strategi supervisi kunjungan kelas kepala sekolah. Evaluasi input (masukan) yang meliputi perencanaan program, SDM, dan mekanismenya sudah tersusun dengan baik dengan melibatkan Tim PKG, Ketua Kompetensi Keahlian, dan Guru. Pada evaluasi process (proses) yang meliputi rencana pelaksanaan, pelaksanaan, evaluasi, dan tindak lanjut program perlu dioptimalkan lagi. Dan evaluasi product (produk) terkait dengan tingkat keberhasilan dan kepuasan, serta kesiapan guru setelah disupervisi sudah baik dan sesuai dengan pedoman penilaian kinerja guru. Hasil evaluasi program strategi supervisi kunjungan kepala sekolah di SMK Negeri 1 Tegal dengan menggunakan model evaluasi CIPP secara keseluruhan terlaksana dengan baik, tetapi masih perlu ditindaklanjuti dan dimodifikasi sebagai upaya meningkatkan kinerja guru

Item Type: Karya Ilmiah (Thesis)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > S2 Pedagogi
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 25 Jan 2024 02:24
Last Modified: 29 May 2024 03:42
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/8230

Actions (login required)

View Item View Item