PENGEMBANGAN APLIKASI SISTEM INFORMASI PEMBELAJARAN KIMIA (SIPMA) DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR KIMIA DI SMA NEGERI 1 BREBES

Fahrizal Zulian Pratama, . (2024) PENGEMBANGAN APLIKASI SISTEM INFORMASI PEMBELAJARAN KIMIA (SIPMA) DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR KIMIA DI SMA NEGERI 1 BREBES. Thesis thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
COVER-BAB 3 TESIS FAHRIZAL ZULIAN PRATAMA 7321800034 - Fahrizal Zulian Pratama.docx

Download (1MB)
[img] Text
BAB 4- BAB 5 TESIS FAHRIZAL ZULIAN PRATAMA 7321800034 - Fahrizal Zulian Pratama.docx
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN - Fahrizal Zulian Pratama.docx

Download (5MB)

Abstract

Pratama, Fahrizal Zulian. 2023. “Pengembangan Aplikasi Sistem Informasi Pembelajaran Kimia (SIPMA) Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Kimia Di Sma Negeri 1 Brebes”. Tesis. Program Studi Magister Pedagogi. Program Pascasarjana. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I Prof. Dr. Purwo Susongko, M.Pd. Pembimbing II Dr. Basukiyatno, M.Pd. Kata Kunci : Pengembangan, Aplikasi SIPMA, Prestasi Belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penggabungan media pembelajaran ke dalam aplikasi SIPMA Kimia dalam suatu sistem informasi pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mengetahui persyaratan pedagogik dan skolastik SMA Negeri 1 Brebes; (2) mendeskripsikan desain pengembangan aplikasi SIPMA; (3) menguji kelayakan aplikasi; dan (4) mengevaluasi efektivitas aplikasi dalam meningkatkan hasil belajar kimia siswa. Penelitian ini menggunakan strategi penelitian yang dikenal sebagai penelitian pengembangan, yang merupakan bagian dari proses penelitian dan pengembangan (R&D) yang lebih luas. Penelitian ini menggunakan model prosedural untuk penelitian dan pengembangan; prosedurnya dijelaskan secara rinci dengan mengikuti langkah-langkah penelitian. Pertama ada analisis, lalu ada desain, lalu ada pengembangan, lalu ada implementasi, dan terakhir ada evaluasi. Inilah lima tahapan paradigma ADDIE. Para peneliti dalam penelitian ini menggunakan metode campuran analisis kualitatif dan kuantitatif untuk menentukan kelayakan dan efisiensi media yang sedang dikembangkan. Berdasarkan hasil penelitian ini, media pembelajaran aplikasi SIPMA pada materi Hidrolisis Garam dapat berhasil diterapkan sebagai media untuk menyempurnakan pembelajaran dan berujung pada peningkatan prestasi siswa.

Item Type: Karya Ilmiah (Thesis)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 25 Jan 2024 04:03
Last Modified: 25 Jan 2024 04:03
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/8235

Actions (login required)

View Item View Item