EVALUASI MODEL CIPP ( CONTEXT, INPUT, PROCES, PRODUCT ) KURIKULUM 2013 SPIRIT IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PROGRAM ILMU PENGETAHUAN SOSIAL PADA TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN DI MADRASAH ALIYAH SUBULUL IKHSAN KERSANA TAHUN PELAJARAN 2022/2023

INDRIYATI, . (2024) EVALUASI MODEL CIPP ( CONTEXT, INPUT, PROCES, PRODUCT ) KURIKULUM 2013 SPIRIT IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PROGRAM ILMU PENGETAHUAN SOSIAL PADA TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN DI MADRASAH ALIYAH SUBULUL IKHSAN KERSANA TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Thesis thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
1. INDRIYATI_TESIS_Cover - BAB III - Indriyati.doc

Download (1MB)
[img] Text
2. INDRIYATI_BAB IV - BAB V - Indriyati.doc
Restricted to Repository staff only

Download (837kB)
[img] Text
3. INDRIYATI_DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN - Indriyati.doc

Download (8MB)

Abstract

Indriyati, 2023. “Evaluasi Model CIPP ( Context, Input, Proces, Product ) Kurikulum 2013 Spirit Implementasi Kurikulum Merdeka Program Ilmu Pengetahuan Sosial Pada Tingkat Satuan Pendidikan Di Madrasah Aliyah Subulul Ikhsan Kersana Tahun Pelajaran 2022/2023”. Tesis. Program Studi Magister Pedagogi. Program Pasca Sarjana. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I Dr. Basukiyatno, M.Pd, Pembimbing II Dr. Suriswo, M.Pd. Kata Kunci : Evaluasi Model CIPP. Kurikulum 2013, Spirit Kurikulum Merdeka Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan Kurikulum 2013 Spirit Implementasi Kurikulum Merdeka Program Ilmu Pengetahuan Sosial di Madrasah Aliyah Subulul Ikhsan Kersana Tahun Pelajaran 2022/2023 yang dievaluasi dengan model CIPP ( Coteks, Input, Proces, Product ). Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan sumber data subjek dari penelitian adalah kepala madrasah, wakil kepala madrasah bidang kurikulum, guru, dan tata usaha dengan menggunakan instrumen wawancara, observasi dan dokumentasi. Pengujian keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan ketekunan pengamatan, disertai triangulasi yaitu sumber, metode dan teori. Analisis menggunakan tehnik analisis data kualitatif. Hasil penelitian pertama Evaluasi konteks pelaksanaan Kurikulum 2013 Spirit Implementasi Kurikulum Merdeka berupa lingkungan dan keadaan madrasah yang cukup mendukung, dan guru dapat memahami tentang Kurikulum 2013 Spirit Implementasi Kurikulum Merdeka. Kedua evaluasi input pelaksanaan Kurikulum 2013 Spirit Implementasi Kurikulum Merdeka berupa dokumen, buku pedoman guru dan pegangan siswa masih belum lengkap juga sumber daya manusia atau tenaga pendidik masih lemah kualitasnya, serta sarana dan prasarana yang dimiliki madrasah ini belum terpenuhi standarisasinya, Ketiga Evaluasi proses pelaksanaan Kurikulum 2013 Spirit Implementasi Kurikulum Merdeka berupa persiapan pembelajaran guru masih belum maksimal. Keempat Evalusi produk pelaksanaan Kurikulum 2013 Spirit Implementasi Kurikulum Merdeka yaitu berupa hasil belajar siswa telah berjalan dengan baik dan sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan serta pengimputan nilai hasil belajar siswa pada aplikasi Rapor Digital Madrasah terdapat beberapa guru mengalami kesulitan pada proses pengimputan di aplikasi karna belum mahir mengoperasikan komputer.

Item Type: Karya Ilmiah (Thesis)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 25 Jan 2024 04:13
Last Modified: 25 Jan 2024 04:13
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/8237

Actions (login required)

View Item View Item