PENGEMBANGAN INSTRUMEN HIGHER ORDER THINKING SKILL (HOTS) PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DENGAN RASCH MODEL

Heni Hadiyanti, . (2024) PENGEMBANGAN INSTRUMEN HIGHER ORDER THINKING SKILL (HOTS) PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DENGAN RASCH MODEL. Thesis thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
Cover sampai BAB III - Heni_SMK Ma'arif NU Talang.docx

Download (579kB)
[img] Text
BAB IV sampai BAB V - Heni_SMK Ma'arif NU Talang.docx
Restricted to Repository staff only

Download (209kB)
[img] Text
Daftar Pustaka Dan Lampiran (1) - Heni_SMK Ma'arif NU Talang.docx

Download (2MB)

Abstract

Heni Hadiyanti. 2023. “Pengembangan Instrumen Higher Order Thinking Skill (HOTS) Pada Mata Pelajaran Matematika Dengan Rasch Model”. Tesis. Program Studi Magister Pedagogi. Program Pascasarjana. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I Prof. Dr. Purwo Susongko, M.Pd, Pembimbing II Dr. Munadi, M.Si. Kata kunci: Higher Order Thinking Skill (HOTS), Rasch Model Higher Order Thinking Skill (HOTS) peserta didik di SMK Ma’arif NU Talang masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengidentifikasi kebutuhan akan adanya tes-tes Matematika bagi Guru dan Peserta Didik di SMK Ma’arif NU Talang; (2) Membangun konstruksi tes Mata Pelajaran Matematika berbasis HOTS; (3) Menguji validitas aspek isi tes Mata Pelajaran Matematika berbasis HOTS; (4) Menguji kualitas aspek psikometri butir-butir tes Mata Pelajaran Matematika berbasis HOTS; dan (5) Menguji validitas konstrak tes Mata Pelajaran Matematika berbasis HOTS untuk Siswa SMK semua program keahlian. Dalam instrumen penilaian HOTS dikembangkan cara berpikir kritis, kreatif, reflektif, matakognitif, serta logis. Ranah HOTS meliputi keterampilan berpikir secara analitik yang secara spesifik menonjolkan aspek-aspek kontekstual. Pemanfaatan RASCH Model dapat digunakan untuk mengetahui dampak pemilihan model, ukuran sampel, bentuk distribusi kemampuan, dan panjang pengujian, dan banyak faktor lain melalui simulasi Monte Carlo. Penelitian ini menggunakan pendekatan ADD dan menggunakan lembar penilaian sebagai alat pengumpul data. Sampel penelitian ini adalah semua peserta didik Kelas XI pada semua program keahlian sebanyah 216 peserta didik di SMK Ma’arif NU Talang. Tahap Analysis merupakan aktivitas awal untuk mengidentifikasi kebutuhan dan menentukan tujuan pengembangan produk. Tahap Design pengembangan yang dilakukan dalam penulisan soal HOTS pada penelitian ini sejumlah 20 soal yang mencakup 5 materi yaitu Persamaan Kuadrat, Fungsi Kuadrat, Trigonometri, Statistik dan Peluang; dan 3 dimensi yang terdiri berfikir kreatif dan pemecahan masalah, serta mencakup 3 level kognitif C4 (menganalisi), C5 (mengevaluasi) dan C6 (mencipta). Tahap Development Aspek konten meliputi Validitas aspek konten, Validitas aspek psikometrik, dan Validitas konstruk yang mengunakan analisis RASCH Model Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa (1) terdapat kebutuhan pengembangan tes Matematika bagi Guru dan Peserta Didik di SMK Ma’arif NU Talang; (2) Konstruksi tes telah mengacu pada indikator soal HOTS; (3) Intrumen tes telah memenuhi validitas dari aspek isi; (4) instrumen tes telah memenuhi validitas aspek psikometrik; dan (5) Validitas konstrak tes Mata Pelajaran Matematika berbasis HOTS memberi hasil bahwa: (a) butir nomor 10 tidak bisa diterima; (b) Hasil analisis uji person fit adalah 91,67% respons peserta tes yang wajar dan sesuai dengan model,; (c) tes hanya mengandung satu dimensi, dan respon terhadap item tes tidak akan mengalami perubahan meski diterapkan pada siswa yang berbeda, dan (d) hasil pengembangan item tes menggunakan RASCH Model pada penelitian ini dapat diterapkan pada situasi yang berbeda.

Item Type: Karya Ilmiah (Thesis)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Pascasarjana > S2 Pedagogi
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 02 Feb 2024 04:00
Last Modified: 29 May 2024 02:29
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/8266

Actions (login required)

View Item View Item