PENGEMBANGAN MODUL AJAR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTU GEOGEBRA MATERI PERSAMAAN GARIS LURUS PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 BUMIJAWA

Devi Rezha Sonia, . (2024) PENGEMBANGAN MODUL AJAR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTU GEOGEBRA MATERI PERSAMAAN GARIS LURUS PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 BUMIJAWA. Thesis thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
Cover-Bab 3 Devi - devi rezha sonia.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB 4 -5 Devi - devi rezha sonia.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Daftar Pustaka-Lampiran Devi - devi rezha sonia.pdf

Download (9MB)

Abstract

Devi Rezha Sonia. 2023. “Pengembangan Modul Ajar Dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantu Geogebra Materi Persamaan Garis Lurus Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Bumijawa”. Tesis. Program Studi Magister Pedagogi. Program Pascasarjana. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I Dr. Burhan Eko Purwanto, M.Hum. Pembimbing II Dr.Munadi, M.Si. Kata kunci :. Modul Ajar, Problem Based Learning, Geogebra Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Mengetahui analisis pengembangan modul ajar dengan model pembelajaran Problem Based Learning berbantu Geogebra (2) Mengetahui desain modul ajar dengan model pembelajaran Problem Based Learning berbantu Geogebra (3) Mengetahui validitas pengembangan modul ajar dengan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media Geogebra (4)Mengetahui hasil uji coba lapangan pada modul ajar dengan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media Geogebra materi persamaan garis lurus pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Bumijawa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research and Development (R&D). Langkah�langkah dalam penelitian ini mengikuti langkah-langkah penelitian model ADDIE yang dikembangkan oleh Dick & Carry. Karena keterbatasan waktu penelitian, maka alur penelitian dan pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini hanya pada tiga tahapan, yaitu (1)Analysis(analisis), (2)Design(desain), (3)Development (4)Implementation dan (5)Evaluation. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 Bumijawa berjumlah 164 siswa.Pada Analisis pengembangan modul ajar menggunakan 5 tahapan antara lain analisis awal,analisis siswa,analisis konsep,analisis tugas dan analisis tujuan pembelajaran. Desainnya dengan merancang instrumen yang akan divalidasi oleh ahli materi dan ahli media yang kemudian diolah dengan uji Aiken. Yang kemudian akan diuji coba lapangan terbatas dengan menggunakan Rasch Model Simpulan penelitian adalah (1) Analisis dalam pengembangan modul ajar dengan model pembelajaran Problem Based Learning berbantu Geogebra terdiri dari 5 tahapan antara lain: analisis Awal-Akhir (Font-end Analysis), analisis siswa (Learner Analysis), analisis Konsep (Concept Analysis), analisis Tugas (Task Analysism dan Spesifikasi Tujuan Pembelajaran (Specifying Instructional Objectives), (2) Desain modul ajar dengan model pembelajaran Problem Based Learning berbantu Geogebra yaitu: pembuatan instrumen penilaian modul ajar berupa angket kelayakan produk dan perancangan melalui beberapa tahapan yakni: deskripsi modul ajar sebelum dikembangkan dan hasil pengembangan modul ajar untuk memperbaiki pembelajaran. (3) Validitas pengembangan modul ajar dengan model pembelajaran Problem Based Learning berbantu Geogebra terdiri dari dua langkah yaitu Expert Jugdment (penilaian ahli) yang disertai revisi dan delopmental testing (uji coba pengembangan) menggunakan Validasi Ahli (Expert Jugdment), Uji Validasi Isi Aiken, dan Permodelan Rasch untuk mengukur krakteristik butir pada uji coba angket respon siswa butir soal materi persamaan garis lurus. (4) Berdasarkan rekapitulasi ketuntasan belajar diketahui bahwa dari 6 kelas yaitu kelas VIII A, VIII B, VIII C, VIII D, VIII E, dan VIII F yang berjumlah 164 siswa, jumlah siswa yang tuntas sebanyak 143 atau 87,20%, siswa yang belum tuntas sebanyak 21 atau 12,80%

Item Type: Karya Ilmiah (Thesis)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 07 Feb 2024 01:57
Last Modified: 07 Feb 2024 01:57
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/8270

Actions (login required)

View Item View Item